Berita

Organda Garut: Pemkab Telah Sepakati Tarif Angkutan Umum Naik 32 Persen

×

Organda Garut: Pemkab Telah Sepakati Tarif Angkutan Umum Naik 32 Persen

Sebarkan artikel ini
Tarif angkutan umum, termasuk angkot, di Kabupaten Garut naik selama mudik lebaran. (Foto: Istimewa)

GOSIPGARUT.ID — Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kabupaten Garut mengklaim pemerintah setempat telah menyepakati penyesuaian tarif angkutan umum sebagai imbas naiknya harga bahan bakar minyak (BBM). Angka kenaikan tarif yang disepakati adalah sebesar sekitar 32 persen.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang Organda Kabupaten Garut, Yudi Nurcahyadi, mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut telah sepekat menaikan tarif angkutan kota (angkot) dan angkutan desa (angdes) sebesar 32 persen. Menurut dia, Bupati Garut juga telah menandatangani regulasi terkait penyesuaian tarif itu.

“Namun, itu baru akan diumumkan secara resmi pada Senin (12/9/2022),” kata Yudi, Jumat (9/9/2022).

Baca Juga:   Ketua MUI Garut Nyatakan Pelaku Cabul Terhadap 17 Anak Bukan Ustadz

Dengan penyesuaian itu, tarif angkutan otomatis ikut berubah. Ia mencontohkan, tarif angkutan Garut-Kadungora yang semula Rp5.000 menjadi Rp7.000. Sementara angkutan dengan trayek Garut-Malangbong yang semula Rp10 ribu menjadi Rp13 ribu. Namun, khusus untuk pelajar diterapkan tarif setengah harga.

Meski belum diumumkan secara resmi, penyesuaian tarif itu sudah diberlakukan sejak beberapa hari terakhir. Pihaknya hanya tinggal menunggu pengumuman resmi dari Pemkab Garut. “Informasinya tadi siang sudah ditandatangani Bupati,” ujar Yudi.

Baca Juga:   Pemkab Garut Berencana Jadikan RS Malangbong Sebagai RS Ponek di Garut Utara

Menurut dia, adanya penyesuaian tarif angkutan membuat sebagian penumpang mengeluh. Pasalnya, kenaikan tarif itu otomatis memberangkatkan penumpang. Namun, dengan kenaikan harga BBM, tarif angkutan mau tak mau ikut menyesuaikan.

“Ini kondisi memaksa. Saya juga sudah instruksikan kepada sopir agar tidak kasar kepada penumpang terkait tarif baru ini. Kita harus saling paham, harus adaptasi. Masyarakat juga harus ikut maklum,” ucap Yudi. (ROL)

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *