Berita

Pengoperasian Jalur Cibatu-Garut Tinggal Tunggu Restu Ditjen KA Kemenhub

×

Pengoperasian Jalur Cibatu-Garut Tinggal Tunggu Restu Ditjen KA Kemenhub

Sebarkan artikel ini
Uji coba jalur rel kereta api Stasiun Garut-Cibatu di Stasiun Wanaraja, Kabupaten Garut, beberapa waktu lalu. (Foto: Istimewa)

GOSIPGARUT.ID — Kepastian jadwal pengoperasian jalur reaktivasi kereta api antara Cibatu – Garut, yang cenderung berlarut-larut ternyata masih menunggu lampu hijau Ditjen Perekeretaapian Kemenhub.

Pembangunan trek yang sebelumnya mangkrak itu sebenarnya sudah rampung sejak Juni 2021. Meski demikian, izin operasional terhadap jalur yang dinantikan warga setempat itu tak kunjung muncul.

“Kita cuman menunggu surat dari Ditjen Perkeretaapian Kemenhub saja, secara kesiapan (difungsikan) sudah tak ada masalah,” tandas Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, Kamis (30 Desember 2021).

Baca Juga:   Garut Jadi Tempat Rakorwil MW KAHMI Jabar, Bupati Rudy Sebut Organisasi Prestisius dan Bergengsi

Ia menuturkan, pihaknya justru mengharapkan akses transportasi tersebut segera beroperasi. Dengan demikian potensi ekonomi Garut dan sekitarnya bisa terangkat termasuk aktivitas pariwisata yang memang diandalkan.

KA juga bisa jadi alternatif pilihan mengingat jalur darat Jakarta – Bandung ke Garut yang sudah padat sehingga kerap menghadirkan kemacetan terutama pada akhir pekan.

Baca Juga:   Kapolres Garut Kunjungi Dua Radio Ternama, Bahas Pemberlakuan Jam Malam bagi Pelajar

Kenapa izin operasional dari Kemenhub belum turun juga, Kang Emil tak mau berspekulasi. Kemungkinan, katanya, kementerian terfokus pada penanganan angkutan Natal dan Tahun Baru. Terlebih, pandemi Covid-19 belum berakhir menyusul ancaman sebaran varian omicron.

Hanya saja, Kang Emil memperkirakan lintas peninggalan kolonial itu bisa berfungsi penuh antara Januari-Februari 2022. Izin dari pusat diharapkan sudah keluar.

Baca Juga:   Dua Kades di Cigedug Berganti, Ketua Tim Penggerak PKK pun Alami Nasib Serupa

“Mungkin ketahan Nataru ya. Karena SDM hingga infrastrukturnya kan sudah siap, kalau surat itu datang, setelah Januari ada, ya Bandung – Garut otomatis Jakarta ke Garut bakal bablas, lancar,” kata mantan Walikota Bandung itu.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *