oleh

Wabup Garut Imbau Masyarakat Tetap Jaga Kondusifitas Saat Pilkades

GOSIPGARUT.ID — Wakil Bupati (Wabup) Garut, dr. Helmi Budiman, mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga suasana kondusif saat pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 8 Juni mendatang.

Menurut dia, sejauh ini desa yang mengikuti pilkades tidak terjadi permasalahan, cenderung aman. Ia menyebut, yang terpenting ialah sejauh ini tahapan telah dilalui seluruhnya, termasuk daftar pemilih tetap (DPT) juga telah ditetapkan. Tahapan selanjutnya adalah penetapan nomor urut calon kepala desa.

“Oleh karena itu, kita melakukan pantauan agar segala sesuatunya berjalan aman. Kunci keberhasilannya ada di panitia pilkades, cakades, pendukung dan beberapa faktor yang lain,” ujar Helmi, Jumat (7/05/2021).

Ia meminta, panitia Pilkades harus benar–benar netral tidak memihak salah satu kontestan dan pendukungnya. Sebab, tugas panitia adalah memfasilitasi cakades (calon kepala desa) yang ada dengan adil dan seimbang.

Baca Juga:   Rumah Zakat Bangun Madrasah di Cisewu yang Rusak Diguncang Gempa

Wabup menyebutkan, kegiatan Pilkades merupakan rutinitas setiap 6 tahun sekali, sehingga diharapkan pesta demokrasi di desa dibuat seriang mungkin, sekondusif mungkin dan bahagia.

“Namanya kan pesta demokrasi, jadi seharusnya jangan sampai ada kecurangan-kecurangan, menjelek-jelekkan. Mari bersama-sama kita memberikan kebahagiaan kepada masyarakat,” paparnya.

Helmi mengingatkan, bila terjadi permasalahan, maka yang dirugikan adalah masyarakat desa sendiri. Oleh karena itu ia mengajak kepada semua pihak mulai dari panitia, cakades, pendukung, dan semua yang terlibat agar tetap menjaga kondusivitas. (Yan AS)

Baca Juga:   Bupati Rudy Gunawan Nyatakan Gempa Garut Tidak Menyebabkan Kerusakan

Komentar

Berita Terkait