oleh

Pendapatan Menurun Hingga Rp250 Miliar, Garut Masih Bisa Bangun Infrastruktur

GOSIPGARUT.ID — Bupati Rudy Gunawan mengatakan, Kabupaten Garut mengalami penurunan pendapatan hingga Rp250 miliar. Namun meski begitu, pemerintahannya masih bisa melakukan pembangunan infrastruktur.

“Harus dipahami, sekarang ini kita mengalami pengurangan pendapatan yang akan dijadikan untuk pembiayaan, baik untuk pelaksanaan yang berhubungan dengan barang jasa maupun tentang kegiatan belanja modal, ataupun bantuan keuangan dihibah dan sebagainya. Kita berkurang Rp250 miliar,” ujar Rudy, saat memberikan sambutan dalam acara Apel Gabungan di Lapangan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Garut, Senin (23/11/2020).

Ia menambahkan, meskipun ada penurunan dari pendapatan daerah namun keuangan masih bisa dikatakan aman.

“Alhamdulilah kita sudah balance (seimbang), tidak ada yang bahaya di APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) ini tidak ada semua gaji terukur untuk 14 bulan gaji. Hanya sedikit saja yang kita pinjam, TKD (Tunjanga Kinerja Daerah) 12 bulan untuk PNS yang 800 orang yang baru (CPNS) yang akan digaji mulai bulan januari kita ada,” terang Rudy.

Baca Juga:   Pemkab Garut Bantah Dokter yang Meninggal di Rumah Kost Karena Corona

Bahkan, lanjut dia, pembangunan beberapa infrastruktur di Garut masih bisa berjalan walaupun ada penurunan pendapatan.

“Kita juga membangun untuk masjid juga ada, rutilahu kita ada, kita semua memenuhi ketentuan meskipun pendapatan kita berkurang Rp250 miliar. Kita bisa melanjutkan pembangunan rumah sakit karena temanya sekarang kesehatan. Kita bisa melakukan langkah-langkah untuk tetap membangun GOR (Gelanggang Olah Raga), membangun lapang sepak bola Rp20 miliar, membangun aquatik Rp35 miliar,” papar Rudy.

Baca Juga:   Pemkab Garut Akan Buat Saluran Air Besar untuk Atasi Banjir

Ia menyampaikan, walaupun pihaknya tertekan dengan adanya penurunan pendapatan namun masih ada hal yang bisa diperlihatkan ke masyarakat.

“Kita juga bisa merespon keinginan masyarakat yang disampaikan oleh 50 anggota DPRD, dan kita pun bisa melaksanakan program teknokratik di antaranya memberikan dukungan untuk pembebasan Situ Bagendit dan membebaskan tanah untuk parkir di Situ Cangkuang. Meskipun kita tertekan tapi ada hal-hal yang bisa perlihatkan kepada masyarakat,” kata Rudy. (Yan AS)

Baca Juga:   Di Tengah Social Distancing, Bupati Garut Lantik 23 Pejabat Struktural

Komentar

Berita Terkait