Berita

Alat Peringatan Dini Tsunami Rusak, Warga di Pantai Selatan Garut Diimbau Gunakan Kentungan

×

Alat Peringatan Dini Tsunami Rusak, Warga di Pantai Selatan Garut Diimbau Gunakan Kentungan

Sebarkan artikel ini
ILUSTRASI -- Alat kentungan.

GOSIPGARUT.ID — Alat peringatan dini atau “early warning system” (EWS) bencana tsunami di sepanjang pantai selatan Garut dilaporkan tidak berfungsi. Untuk itu, sebagai alternatif pengganti EWS yang rusak, warga di sepanjang pantai selatan Garut diimbau untuk memanfaatkan alat kentungan.

“Setiap desa atau kampung-kampung yang hasil kajian akan terdampak untuk membuat kentungan sebagai alat memberitahukan adanya bahaya,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sofyan.

Ia mengatakan, alasan memanfaatkan kentungan karena bisa dijadikan suara peringatan bagi masyarakat di perkampungan, terutama yang tinggal di pesisir pantai selatan Garut agar secepatnya menyelamatkan diri dari ancaman tsunami.

Baca Juga:   Anggota TNI Disebar di Tempat Wisata Garut, Ingatkan Wisatawan Terapkan Protokol Kesehatan

Sementara alat canggih untuk memberi tahu akan adanya bahaya tsunami, kata Tubagus, kondisinya sudah rusak, bahkan beberapa komponennya ada yang mencuri sehingga tidak berfungsi.

“Sebenarnya kalau ada alat EWS itu lebih mudah, kita tinggal pencet tombol maka sirine peringatan tsunami akan bunyi untuk mengingatkan warga,” ujar dia.

Tubagus menyampaikan, BPBD Garut terus melakukan upaya meminimalisasi tingkat risiko dari bahaya bencana alam di Garut, termasuk ancaman potensi bencana gempa dan tsunami di laut selatan Jawa.

Baca Juga:   Warga Tiga Desa di Pakenjeng Percaya Aris Munandar Akan Kabulkan Keinginannya

Upaya yang sudah dilakukan BPBD, kata dia, melakukan sosialisasi seperti memberi pemahaman tentang tindakan yang tepat untuk memberitahukan warga akan adanya bencana dengan memanfaatkan kentungan atau pengeras suara di masjid.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *