oleh

New Normal, Disbudpar Garut Siapkan Protokol Kesehatan di Tempat Wisata

GOSIPGARUT.ID — Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Garut mempersiapkan protokol kesehatan dalam rangka menerapkan normal baru (new normal), apabila membuka kembali objek untuk umum di tengah wabah Covid-19. Namun pihaknya menunggu arahan pemerintah pusat.

“Kami sedang merancang untuk berwisata dengan protokol kesehatan. Memang belum ada arahan tetapi kami siapkan,” kata Kepala Disbudpar Kabupaten Garut Budi Gan Gan, Rabu (27/5/2020).

Menurut dia, aturan memberlakukan normal baru dalam kegiatan masyarakat, khususnya di tempat pariwisata, bisa saja diberlakukan di Garut saat kondisi pandemi Covid-19. Wilayah Garut bisa memberlakukan normal baru karena tingkat penyebaran wabah Covid-19 tidak terlalu tinggi atau yang terpapar positif sebanyak 13 orang.

“Saya berpandangan, Garut itu memiliki potensi untuk diberlakukan new normal,” ujar Budi.

Baca Juga:   Pantai Santolo Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan pada Liburan Akhir Tahun

Jika diberlakukan aturan normal baru di tempat wisata, kata dia, wisawatan harus menerapkan protokol kesehatan selama berwisata, seperti tidak ada kerumunan, selalu menggunakan masker, dan ada tempat cuci tangan.

“Untuk masuk satu destinasi yang ditanya protokol kesehatannya diterapkan atau tidak, misalnya jaga jarak dan fasilitas hand sanitizer,” kata Budi.

Ia menegaskan, menyosialisasikan terkait dengan rancangan normal baru di objek wisata, sehingga ketika pemerintah pusat menerapkan aturan itu, daerah ini sudah siap melakukannya.

Baca Juga:   Untuk Benahi Wisata Pantai Santolo, Pemkab Garut Usulkan Anggaran Rp20 Miliar

“Kami sekarang ini sedang merancang. Mudah-mudahan pada hari Kamis mulai disosialisasikan sehingga saat pelaksanaan new normal bisa beroperasi,” kata Budi.

Destinasi wisata di Garut yakni memiliki wisata alam, seperti gunung, danau, perkebunan, pantai, air terjun, dan pemandian air panas alami. (IN)

Komentar

Berita Terkait