oleh

Puluhan Rumah di Jabar Rusak Akibat Gempa Banten, di Garut Juga Ada

GOSIPGARUT.ID — Gempa bumi tektonik yang terjadi pada Jumat 2 Agustus 2019 pukul 19.03 WIB wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa berkekuatan Magnitud 6,9 mengakibatkan dampak kerusakan bangunan baik rumah maupun fasilitas umum. Kerusakan bagunan itu di Kabupaten Garut juga ada.

Dari hasil pemantauan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Pengedalian Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (PB BPBD) Provinsi Jawa Barat sampai Sabtu 3 Agustus 2019 pukul 07.48 WIB, data sementara terdampak di wilayah Jawa Barat sebagai berikut:

1. Kabupaten Bandung Barat 
Yang terdampak: 3 Kecamatan 
– 4 Unit rusak ringan (RR)
– 1 Unit rusak sedang (RS)
– 1 Unit rusak berat (RB)

Baca Juga:   20 Jembatan Gantung akan Dibangun di Jabar, Termasuk di Garut

2. Kabupaten Sukabumi: 
Yang terdampak : 6 Kecamatan
– 4 Unit rusak ringan (RR)
– 6 Unit rusak sedang (RS)
– 1 Unit rusak berat (RB)
– 1 Unit fasilitas Umum/masjid (RR)

3. Kabupaten Garut 
Yang terdampak : 3 Kecamatan
– 1 Unit rusak ringan (RR)
– 3 Unit rusak sedang (RS)

“Koordinasi dengan kabupaten/kota terus kami lakukan. Hasil monitoring BMKG hingga saat ini menunjukkan tidak berpotensi tsunami,” kata Kepala Pusdalops PB BPBD Jabar Budi Budiman, Sabtu (3/8/2019)

Baca Juga:   Termasuk Garut, 700 Ribu PBI BPJS Kesehatan di Jabar Dinonaktifkan

Untuk itu, ujar dia,masyarakat diimbau tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Sementara itu, data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), bencana gempa bumi yang berpusat di Provinsi Banten itu mengakibatkan 1.050 jiwa mengungsi, 4 orang luka-luka, dan 1 orang meninggal dunia atas nama Rasinah (48).

Warga Kampung Cilangkahan RT 03/01, Desa Pecangpari, Kecamatan Cigemblong, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten itu meninggal dunia akibat panik sehingga mengalami serangan jantung. 

Baca Juga:   Tadi Malam di Garut, Diamankan 281 Botol Miras dan Dua Pasangan Mesum

Kerugian materil yang dialami warga Jabar akibat gempa, 113 rumah rusak, dengan perincian 34 unit rumah (RB), 21 unit rumah (RS), 58 unit rumah (RR), 1 unit kantor desa (RR), dan 2 unit masjid (RR). Bangunan rusak itu tersebar di Kota Bogor 1 unit rumah retak-retak; Kabupaten Cianjur 6 unit rumah (RB) dan 1 unit rumah (RS). (Snd/Gun)

Komentar

Berita Terkait