oleh

Kwarcab Garut Dorong Kwaran Berfungsi sebagai Telecenter

GOSIPGARUT.ID — Pengurus Kwarcab Garut melalui bidang komunikasi dan informatika mendorong pengurus kwaran se Garut untuk dapat melibatkan pramuka dalam pembangunan desa digital di wilayahnnya.

Dalam silaturahmi Pramuka Garut, Kak Uloh — selaku Wakil Ketua Bidang Komunikasi dan Informatika Kwarcab Garut, mengharapkan agar pengurus kwaran di Garut dapat memulai upaya pelibatan pramuka tersebut minimalnya dengan memanfaatkan media sosial untuk kepentingan penyebaran informasi kegiatan.

Dalam kesempatan yang sama, Rabu (10/7/2019), Rinda Cahyana, selaku Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STT Garut dan Pandu Digital Garut menawarkan bantuan STT Garut berupa pelatihan untuk pelatih literasi digital sebagai bagian dari pelaksanaan kerjasama STT Garut dengan Kwarcab Garut.

“Para pelatih tersebut diharapkan dapat melatihkan kecakapan literasi digitalnya kepada pelatih lainnya di tingkat ranting hingga gugus depan,” ujar Pengurus Pusat Relawan TIK Indonesia tersebut yang menyarankan agar calon pelatih memiliki kualifikasi TIK yang memadai dan semangat pengabdian yang tinggi.

Andalan pramuka yang juga merupakan pengurus Forum Komunikasi Kelompok Informasi Masyarakat (FKKIM) Garut dan Dekranasda Garut tersebut, memimpikan ke depan pramuka Garut memiliki kelompok informasi masyarakat (KIM) yang tidak hanya menjadi saluran informasi kepramukaan tetapi juga dapat mempromosikan kerajinan Garut guna mendukung program satu desa satu produk.

Baca Juga:   Delapan Perlintasan Kereta Api di Garut Tidak Berpalang Pintu Otomatis

“Kwaran diharapkan dapat berfungsi sebagai telecenter di mana anggota pramuka terlatih dapat meningkatkan kesejahteraannya dan masyarakat sekitarnya melalui beragam layanan wirausaha digital,” kata Rinda. (Yuyus)

Komentar