oleh

Sering Macet, Keberadaan Jalan Tol di Lintas Selatan Sebuah Kebutuhan

GOSIPGARUT.ID — Kondisi macet berat yang menimpa jalur selatan Jabar pada setiap musim Lebaran menjadikan keberadaan jalan tol di lintas tersebut sebuah kebutuhan.

Menurut Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, merujuk hasil evaluasi pelaksanaan arus balik dan balik Lebaran tahun ini, rencana pembuatan jalan bebas hambatan sudah harus cepat diwujudkan.

“Itu memang sudah tidak bisa dihindari, saking padatnya. Maka solusinya tol Cileunyi- Garut- Tasik (Cigatas),” tandasnya.

Baca Juga:   Rumah Megah Bak Istana di Limbangan Garut Viral di Media Sosial

Berdasarkan laporan yang diterima pihaknya, selama hajatan Lebaran berlangsung, kemacetan rata- rata pecah di jalur non tol alias jalur arteri, khususnya jalur Tasikmalaya – Garut.

Banyak keluhan pula yang dilontarkan pemudik yang melintasi kawasan tersebut. Bahkan perjalanan Gombong, Kebumen Jateng hingga Bandung bisa menghabiskan waktu hingga 20 jam dari kondisi normal yang bisa 7-8 jam.

Baca Juga:   Rambu-rambu dan PJU di Jalur Mudik Lebaran Dipastikan Terpasang

Untuk itu, Ridwan Kamil mengaku bakal meningkatkan koordinasi dengan pemerintah pusat guna mengakselerasi pembangunan infrastruktur tersebut. Tol Cigatas sendiri sudah ramai jadi bahasan dalam tiga tahun terakhir.

Diharapkan, proyek tersebut yang kemungkinan tersambung hingga Cilacap dapat memberikan dampak pembangunan secara luas pula, tak sekadar memangkas persoalan lalu lintas selama Lebaran terhadap wilayah Priangan Timur seperti Garut, Tasikmalaya, Ciamis, hingga Banjar.

Baca Juga:   Pemkab Garut Mulai Berlakukan Larangan Delman Beroperasi di Jalur Mudik

Di luar tol tersebut, RK menyebut bahwa tak ada persoalan menonjol selama masa angkutan Lebaran dijalankan. Apalagi hadirnya jalan tol Trans Jawa yang menjadikan arus mudik berjalan cukup lancar.

“Kami monitor lancar, arus balik lancar, jadi secara umum relatif baik. Evaluasinya, ini rekor mudik terbaik. Rata-rata merasakan (perjalanannya) lancar,” kata mantan Walikota Bandung itu. (SM/Gun)


Komentar