Budaya

Diskusi Film Pendek Indonesia di Garut: Perkuat Ekosistem Budaya dan Ekonomi Kreatif

×

Diskusi Film Pendek Indonesia di Garut: Perkuat Ekosistem Budaya dan Ekonomi Kreatif

Sebarkan artikel ini
Ratusan peserta mengikuti antusias Diskusi Film dan Pemutaran Film Pendek Indonesia, di Hotel Harmon, Jalan Raya Cipanas Baru, Kabupaten Garut, Minggu (5/52024). (Foto: Hanif Al Fajar)

GOSIPGARUT.ID — Anggota Komisi X DPR RI, Ferdiansyah, menyoroti dampak positif film terhadap pariwisata suatu daerah. Ia menggambarkan bagaimana film “Ada Apa Dengan Cinta 2″ mendorong peningkatan kunjungan wisatawan ke lokasi syuting di Yogyakarta, membuktikan bahwa film tidak hanya sekadar hiburan tetapi juga pemacu ekonomi lokal.

“Banyak penonton film tersebut yang penasaran dengan tempat-tempat yang ditayangkan sehingga berkunjung langsung ke tempat-tempat itu,” kata dia dalam keynote speech -nya di acara Diskusi dan Pemutaran Film Pendek Indonesia, yang digelar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI), di Hotel Harmoni, Jalan Raya Cipanas Baru, Kabupaten Garut, Minggu (5/52024).

Lain halnya dengan Prita Gita – produser dan sutradara terkenal. Ia menegaskan bahwa film tentang budaya tidak harus terpaku pada pakaian adat, melainkan juga bisa mengangkat keunikan alam dan bahasa daerah.

Baca Juga:   Momentum Libur Tahun Baru, Pemkab Garut Izinkan Tarif Hotel Naik

“Namun dengan tidak latah menggunakan gue lo, tetapi pakai bahasa daerah, film yang menampilkan alam-alam khas daerah kita masing-masing,” tegas sutradara yang pernah menyabet penghargaan Piala Citra Festival Film Indonesia.

Prita mengajak para peserta untuk selalu mau berkolaborasi dengan komunitas film lainnya, demi mewujudkan sebuah karya yang luar biasa di dunia perfilman.

Baca Juga:   Sebuah Kabar Baik, Perpustakaan Umum Garut Kembali Dibuka untuk Dikunjungi

Kepala Koordinator Kelompok Kerja dan Arsip, Nujul Kristanto, mengekspresikan harapannya akan lahirnya generasi baru dari Garut yang dapat mengukir prestasi dalam perfilman nasional. Ia percaya bahwa acara seperti ini dapat menjadi langkah awal menuju kesuksesan bagi bakat-bakat muda Garut di industri perfilman.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *