Jawa Barat

Diduga Kualitas “Box Culvert” Jelek, Penyebab Penurunan Badan Jalan Bundaran Linggajaya Tasikmalaya

×

Diduga Kualitas “Box Culvert” Jelek, Penyebab Penurunan Badan Jalan Bundaran Linggajaya Tasikmalaya

Sebarkan artikel ini
Ruas jalan provinsi Singaparna-Tasikmalaya yang akan pergantian "box culvert". (Foto: Istimewa)

GOSIPGARUT.ID — Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD Pengelolaan Jalan dan Jembatan Wilayah Pelayanan V Jawa Barat segera memperbaiki ruas jalan Singaparna-Tasikmalaya — tepatnya di Bundaran Linggajaya Kelurahan Linggajaya, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, yang mengalami penurunan badan jalan.

Penyebab penurunan badan jalan itu, sejumlah sumber GOSIPGARUT.ID menyebutkan diduga akibat box culvert (gorong-gorong/beton bertulang) yang ditanam di bawah badan jalan Bundaran Linggajaya tersebut berkualitas jelek.

Akan dugaan itu, Kepala Satuan Pemeliharaan (KSP) 1 UPTD Pengelolaan Jalan dan Jembatan Wilayah Pelayanan V, Wawan Hermawan, membenarkan bahwa box culvert yang berada di bawah ruas jalan tersebut telah terjadi penurunan sehingga mengakibatkan tidak ratanya permukaan badan jalan.

Baca Juga:   Pesantren Dibuka, Ridwan Kamil Akui Hasil Musyawarah dengan Ulama

“Akibat box culvert yang diduga tidak berkualitas, badan jalan menjadi tidak seperti sebelumnya, bahkan sampai terjadi penurunan badan jalan. Hal itu yang membuat jalan di sana menjadi tidak nyaman dilalui,” kata Wawan saat dikonfirmasi GOSIPGARUT.ID belum lama ini.

Menurut dia, UPTD Pengelolaan Jalan dan Jembatan Wilayah Pelayanan V sudah melakukan penanganan terhadap ruas jalan di sekitaran itu, termasuk melibatkan pihak rekanan untuk memperbaiki box culvert pada Desember 2022. Namun karena box culvert kualitasnya jelek, maka tak kuat menahan beban.

Baca Juga:   Di Masa Pandemi, Pengeluaran Per Kapita Warga Jabar Nambah Rp62.804/Bulan

Wawan mengaku sudah melihat langsung kondisi di lapangan sebelum tahun baru 2024 lalu. Beberapa hari kemudian pihak Satuan Pemeliharaan 1 yang menangani ruas jalan tersebut melakukan pemetaan di titik lokasi guna mencari solusi permanen.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *