Berita

Saat Rayakan Lebaran 2023, di Garut Diprediksi Terjadi Cuaca Ekstrem atau Hujan Lebat

×

Saat Rayakan Lebaran 2023, di Garut Diprediksi Terjadi Cuaca Ekstrem atau Hujan Lebat

Sebarkan artikel ini
ILUSTRASI -- Cuaca ekstrem.

GOSIPGARUT.ID — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Jawa Barat telah menerbitkan prospek cuaca ekstrem mingguan antara tanggal 17 sampai 23 April 2023, di mana akan terjadi cuaca ekstrem atau hujan lebat dalam skala lokal di Kabupaten Garut dalam rentang waktu itu.

“Cuaca ekstrem tersebut dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di Kabupaten Garut pada tanggal 17 sampai 23 April 2023,” demikian kata BMKG sebagaimana diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Satria Budi, Senin (17/03/2023).

Satria menyampaikan, bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut mengimbau kecamatan terkait peringatan dini dan langkah-langkah kesiapsiagaan menghadapi potensi ancaman bencana dalam masa mudik lebaran tahun 2023. Imbauan itu tertuang dalam suratnya bernomor 400.9.10.1/2363/BPBD, tanggal 17 April 2023.

Baca Juga:   Lima Kecamatan Tersempit di Kabupaten Garut, Nomor 2 Miliki Situ Sarkanjut

“Diperlukan upaya pencegahan dan kesiapsiagaan guna meminimalisasi dampak ancaman bencana, khususnya hidrometeorologi basah seperti banjir, tanah longsor, dan cuaca ekstrem yang mungkin timbul dalam masa mudik lebaran tahun 2023,” demikian bunyi dalam surat imbauan itu.

Oleh karenanya, tandas Satria, seluruh Camat di Kabupaten Garut diimbau agar tetap waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi potensi ancaman bencana di wilayahnya masing-masing.

Baca Juga:   Pelaku Pembunuhan Pria yang Mayatnya Ditemukan di Cisewu Adalah Sopir Pribadinya Asal Garut

Ada beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan, di antaranya adalah meningkatkan dan melakukan koordinasi secara berkala dengan dinas teknis, aparatur Kabupaten Garut, Unit Pelaksana Tugas (UPT) teknis serta dengan pemerintah desa dan kecamatan.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *