Peristiwa

Seekor Macan Kumbang Turun ke Perkebunan Warga di Pangalengan Bandung

×

Seekor Macan Kumbang Turun ke Perkebunan Warga di Pangalengan Bandung

Sebarkan artikel ini
ILUSTRASI -- Macan kumbang turun perkebunan warga.

GOSIPGARUT.ID — Seekor macan kumbang (Panthera pardus) turun ke perkebunan milik warga di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Kehadiran macan kumbang tersebut sempat terekam oleh ponsel milik warga.

Dalam video berdurasi 19 detik tersebut terlihat seekor macan kumbang melintas di perkebunan warga.

Petugas Pengendali Ekosistem Hutan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Wilayah 2 Soreang, Toni Setiana membenarkan macan kumbang tersebut turun di wilayah Pangalengan. Kata dia, macan tersebut turun ke area perkebunan warga.

Baca Juga:   Pria Asal Tasikmalaya Mencoba Bunuh Diri dengan Meloncat dari Jembatan di Malangbong

“Iya benar. Ada muncul macan kumbang ke lahan pertanian warga. Itu sebetulnya kejadiannya sudah lama, ya sekitar 3 atau 4 hari yang lalu,” ujar Toni.

“Jadi memang macan tersebut tiba-tiba turun ke lahan pertanian warga. Terus ada salah satu warga yang memvideokan,” tambahnya.

Toni menjelaskan macan tersebut langsung kembali ke habitatnya. Pasalnya jenis macan kumbang itu jika melihat manusia langsung pergi.

Baca Juga:   Tungku Lupa Dimatikan, Bangunan Pondok Pesantren Attoyibah Cibatu Ludes Terbakar

“Lagian macan kumbang tersebut langsung balik lagi, pergerakannya juga cepat yang gitu mah. Apalagi liat orang juga takut macan kaya gitu mah. Kemudian tidak memangsa hewan ternak milik warga. Hanya melintas aja di lahan pertanian,” katanya.

Toni menyebutkan perkebunan warga tersebut berdekatan dengan lokasi habitat macan kumbang. Sehingga memungkinkan jika macan kumbang tersebut turun ke perkebunan warga.

Baca Juga:   Sopir Mobil Pelindas Seorang Pria Sempat Letuskan Senjata Sebelum Kabur

“Memang itu lahan pertaniannya berbatasan dengan lokasi kawasan hutan. Di situ ada hutan Perhutani, hutan gunung tilu ada, cagar alam gunung tilu ada,” katanya.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *