oleh

Importir Buah Asal Garut Akan Bangun Sirkuit Motorcros di Sukalilah

GOSIPGARUT.ID — Seorang importir buah-buahan asal Garut, H Ikin, berencana membangun arena motocross secara permanen di Kampung Dangiang, Desa Sukalilah, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut.

Di areal lahan milik pribadinya seluas kurang lebih 25 hektar yang tengah dibangun perkebunan agro wisata jeruk brastagi dan komoditi lainya, H Ikin juga akan membangun sircuit motocross permanen.

Menurut Kepala Desa Sukalilah, Asep Haris, bahwa H Ikin mengaku terpanggil mewadahi para pecinta motocross dan ojek gunung yang tersebar di Kabupaten Garut dengan membangun sirkuit motorcros.

Baca Juga:   Petani Kopi Asal Garut Demonstrasikan Seduh Kopi di Norwegia

“Mudah-mudahan ini bermanfaat nantinya. Sehingga bakat anak-anak muda pecinta motorcross dan motor ojek gunung tersalurkan,” kata dia, Jumat (24/9/2021).

Asep menjelaskan, warga setempat menyambut baik rencana tersebut, mengingat akses jalan menuju puncak Pasirciung (lahan yang akan dibangun sirkuit motorcros) semakin tertata rapi — terutama dari arah gerbang Desa Sukalilah.

“Warga setempat dapat menikmati keindahan puncak Pasirciung, terutama menjelang sore hari,” tutur dia.

Asep yang juga bertindak selaku juru bicara H Ikin mengakui pembangunan sirkuit motocross di Pasirciung merupakan bagian tersulit dalam persiapan destinasi desa wisata. Meski demikian, dia optimistis semua bisa selesai tepat pada waktunya.

Baca Juga:   Banyak Bolongnya, Advokat Garut: Semua Bansos Covid-19 Harus Dievaluasi

Kondisi Desa Sukalilah yang tidak semaju desa lain dalam menyelenggarakan ajang olahraga motor cross, tambah dia, menjadi kendala dalam menyelenggarakan ajang tersebut.

“Sejauh ini persiapan sudah di atas 50 persen. Bila nanti sirkuit sudah jadi, ya sudah hampir beres semua. Karena yang paling susah itu (bangun) sirkuit,” kata Asep.

Ia menjelaskan, tahun ini Desa Sukalilah jadi satu-satunya desa di Kecamatan Sukaresmi yang menjadi tuan rumah ajang motocross dan balap ojeg gunung dalam momentum ulang tahun desa bulan Agustus lalu.

Baca Juga:   Polisi Tangkap Pembunuh Wanita Asal Garut yang Mayatnya Berselimut

“Ini masih tahun pertama. Buat kami ini jadi tantangan tersendiri. Dan Insya Allah dengan dukungan dari semua pihak terutama, Pak H Ikin selaku pemilik lahan, saya yakin hambatan yang kami hadapi dapat terlewati,” pungkas Asep. (Adam B)

Komentar

Berita Terkait