Wisata

Mulai Tahun Depan, Garut Akan Terapkan Digital Tourism di Destinasi Wisata

×

Mulai Tahun Depan, Garut Akan Terapkan Digital Tourism di Destinasi Wisata

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Garut, Budi Gan Gan Gumilar. (Foto: Yan AS)

GOSIPGARUT.ID — Untuk mengikuti perkembangan zaman yang kini serba digital, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut, akan menerapkan digital tourism atau pariwisata digital di destinasi wisata.

Kepala Disparbud Garut, Budi Gan Gan Gumilar, mengatakan bahwa penerapan digital tourism itu akan dilakukan mulai tahun depan (2021).

“Kalau disebutkan jaman sekarang ini sangat radikal perubahannya, maka kami bagaimana misalnya gerakan besar untuk tahun-tahun yang akan datang itu adalah yang pertama kita sudah menetapkan bagaimana misalnya digital tourism. Digital tourism ini harus berbasis pada kolaborasi kepada kecerdasan buatan dengan kecerdasan manusia,” ujar dia.

Baca Juga:   Hutan Mati, Salah Satu "Spot" Menarik di Gunung Papandayan

Budi menyampaikan, nantinya jika digital tourism diterapkan para wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata di Garut, bisa bertransaksi menggunakan uang digital (non tunai).

Digital tourism ini menjawab kondisi dunia saat ini. Oleh karena itu maka nanti di Situ Cangkuang bapak dan ibu (wisatawan) itu tidak perlu bawa uang cash, cukup dengan bawa cashless, cukup dengan misalnya barcode dan sebagainya. Semuanya digital,” ungkapnya.

Baca Juga:   Disparbud Garut Ingatkan Wisatawan Tidak Berenang di Pantai Terlarang yang Sudah Diberi Tanda Bahaya

Budi menambahkan, nantinya para wisatawan tidak akan kesulitan untuk menemukan tempat destinasi wisata yang dituju, karena akan ada peta digital untuk memudahkan pengunjung selama berekreasi di Garut.

“Jadi kita pasang e-tiket. Terus yang kedua bapak dan ibu tidak harus mencari-cari alamat dimana, tetapi kami sudah menyediakan yang namanya peta digital. Jadi peta sudah digitalisasi yang disebutnya itu web digital tourism,” paparnya.

Baca Juga:   Disparbud Garut Siagakan Petugas Balawista untuk Antisipasi Bahaya di Objek Wisata Pantai
Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *