oleh

Bupati Rudy Gunawan: Objek Wisata Garut Tidak Masuk Zona Merah Covid-19

GOSIPGARUT.ID — Bupati Rudy Gunawan menyatakan, sejumlah objek wisata di Kabupaten Garut tidak masuk sebagai zona merah penyebaran wabah Covid, meski begitu wisatawan maupun masyarakat setempat tetap harus waspada dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus tersebut.

“Kebetulan di Tarogong Kaler (kawasan wisata Cipanas Garut) tidak zona merah, yang zona merah sekarang itu ada di Garut Kota, Cilawu, dan Pangatikan,” kata Rudy Gunawan kepada wartawan, Selasa (27/10/2020).

Baca Juga:   Momentum Libur Tahun Baru, Pemkab Garut Izinkan Tarif Hotel Naik

Ia menyampaikan, Pemkab Garut tidak bisa melarang pergerakan orang untuk berwisata ke Garut saat musim libur panjang asalkan mematuhi protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, rajin cuci tangan, dan menjaga jarak.

Bahkan, lanjut Rudy, daerah yang dinyatakan sebagai zona merah masih tetap terbuka dan diperbolehkan adanya aktivitas masyarakat dengan syarat harus lebih ketat menerapkan protokol kesehatan.

“Yang di zona merah sebenarnya kita tidak menutup,” kata dia.

Baca Juga:   Pemkab Garut Akan Kembangkan Potensi Objek Wisata Situ Cukang Batu

Meski Garut terbuka untuk wisatawan, kata dia, jajarannya tetap melakukan langkah antisipasi dengan menyiapkan petugas untuk memperketat penerapan protokol kesehatan di tempat wisata, hotel maupun tempat keramaian lainnya.

Bahkan, lanjut Rudy, Pemkab Garut akan menyiapkan tim medis untuk memeriksa kondisi kesehatan pengunjung apabila diketahui kondisinya sakit dan sudah parah akan dibawa ke rumah sakit.

“Jadi ada dua yang kita lakukan yaitu pengetatan protokol kesehatan di tempat wisata, dan siapkan tenaga medis, termasuk Satpol PP melakukan itu, dengan TNI Polri,” katanya.

Baca Juga:   2,8 Juta Wisatawan Berkunjung ke Garut, 5 Persennya dari Mancanegara

Rudy menambahkan, tim Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Garut sudah memanggil pihak manajemen hotel untuk mematuhi protokol kesehatan dengan memeriksa suhu tubuh seluruh tamu dan wajib pakai masker.

“Saya memantau terus, jangan sampai berkerumun,” katanya. (Ant)

Komentar

Berita Terkait