oleh

Mahasiswa Uniga Beri Bantuan Alqur’an kepada Madrasah Baetul Walad

GOSIPGARUT.ID — Mahasiswa Universitas Garut (Uniga) yang tengah melaksanakan program New Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2020 di Desa Balewangi, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, memberikan bantuan Alqur’an untuk Madrasah Baetul Walad yang beralamat di RW 05/RT 06 Kampung Kubangbadak.

Pemberian bantuan itu dilakukan pada hari terakhir pelaksanaan program New KKN 2020, Kamis (27/8/2020), diberikan langsung oleh mahasiswa KKN kelompok 2 kepada pengurus Madrasah Baetul Walad.

Ketua Kelompok 2 New KKN Desa Balewangi, Banyu Laksana Putra, mengatakan pemberian Alqur’an tersebut untuk membantu anak-anak yang tidak punya kitab suci Alqur’an agar mempunyai pegangan setiap anak belajar mengaji di Madrasah Baitul Walad.

“Program pembagian Alqur’an ini insha Alloh bisa menjadi bakti dari kami untuk masyarakat Kampung Kubangbadak. Mudah-mudahan dengan bantuan ini anak-anak semakin bersemangat dan semakin rajin lagi sekolah agama dan mengajinya,” ujar dia.

Baca Juga:   Uniga Persiapkan LPH untuk Sertifikasi Halal UMKM di Priangan Timur

Banyu menyebutkan, madrasah ini digagas dan dibangun oleh tokoh masyarakat setempat bernama Khosim dan anaknya Ustadz Syam, serta swadaya masyarakat setempat yang prihatin kepada anak-anak Kampung Kubangbadak yang tidak mempunyai tempat sekolah agama dan mengaji.

“Di situ tercetus untuk membangun Madrasah Baetul Walad seadanya.
Madrasah ini baru berdiri kurang lebih dua tahun dan anak-anaknya pun sudah banyak yang sekolah agama dan mengaji di sini,” ucapnya.

Baca Juga:   Mahasiswa Uniga Buat Tutorial Pembuatan 'Hand Sinitizer' untuk Masyarakat

Banyu menuturkan, pihaknya memberikan bantuan Alqur’an dengan tujuan agar di tengah pandemi Covid-19 anak-anak yang kebetulan libur sekolah bisa mengisi waktunya untuk sekolah agama dan mengaji. Dengan begitu, anak-anak tidak banyak main dan bergerombol di luar.

“Saya sebagai Ketua Kelompok 2 sangat berterima kasih kepada Ibu dosen pembimbing, yaitu Dr. Hadiati M.Si, yang ikut memberikan bantuan dan ide agar program ini berjalan lancar serta tepat sasaran,” ujarnya.

Salah seorang warga yang sekaligus guru mengaji di Madrasah Baetul Walad, Ustadz Syam, mengatakan sangat senang dan berterima kasih kepada mahasiswa KKN Uniga kelompok 2 Desa Balewangi yang sudah memberikan bantuan berupa Alqur’an yang insha Alloh sangat bermanfaat dan bisa dicontoh oleh mahasiswa lainnya.

Baca Juga:   Mahasiswa Garut Sosialisasikan Tiga Gerakan Bebas Gempa pada Siswa SD

Ustadz Syam juga sangat mengapresiasi kelompok 2 yang bisa memiliki ide cemerlang guna membuat program yang selama ini diharapkan olehnya bahwa mahasiswa KKN mau membantu madrasahnya.

“Alhamdulillah apa yang saya harapkan selama ini terbayar dengan adanya bantuan dari mahasiswa KKN kelompok 2. Semoga apa yang diberikan oleh mahasiswa ini menjadi berkah dan ladang amal di kemudian hari,” tandasnya. ***

Komentar

Berita Terkait