oleh

BNPB Ingatkan Garut Mewaspadai Potensi Gempa Sesar di Wilayah Selatan

GOSIPGARUT.ID — Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Munardo mengingatkan Pemkab Garut mewaspadai potensi sesar kegempaan di wilayah selatan Kabupaten Garut.

Menurutnya, sesar kegempaan diprediksi akan melintasi di Kabupaten Garut bagian selatan yang bersambung ke sesar Lembang. Hal itu tertera pada peta risiko kebencanaan Jawa Barat.

Hal itu dikemukakan Doni saat menerima Bupati Garut Rudy Gunawan dan jajaran pejabat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut di kantor BNPB Jakarta sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Garut Muksin, Rabu (12/8/2020).

Doni pun meminta Pemkab Garut bersegera menyiapkan langkah-langkah mitigasi bencana. Semisal memasang patok dan tanda bahaya, serta melakukan reboisasi tanaman keras pada lahan-lahan di kemiringan 30 derajat.

Baca Juga:   Geger Kerajaan Kandang Wesi di Garut, Ini Kata Sang Raja Nurseno

Dia menyatakan, pihaknya juga akan membantu Pemkab Garut mengidentifikasi pemetaan rawan bencana gempa sesar Garut Selatan (Garsel) itu.

Dalam kunjungannya ke BNPB, Bupati Garut Rudy Gunawan melaporkan perkembangan penanggulangan Covid-19 dan mitigasi bencana di Kabupaten Garut yang dinilai cukup baik.

Sempat dibahas pula persiapan menghadapi musim kemarau, penanganan lahan kritis, dan sistem peringatan dini kebencanaan. Rudy menyebutkan, dalam penanganan bencana perlu dibangun sinergitas antara daerah dengan pusat. (IK/Zainulmukhtar)

Baca Juga:   KA Galunggung Rute Kiaracondong - Tasikmalaya Diminati Penumpang

Komentar