Nasional

Survei: Elektabilitas PDIP Masih Unggul Disusul Gerindra dan Golkar

×

Survei: Elektabilitas PDIP Masih Unggul Disusul Gerindra dan Golkar

Sebarkan artikel ini
Hasil survei Y-Publica terkait elektabilitas partai-partai. (Foto: Dok. Y Publica)

GOSIPGARUT.ID — Hasil survei yang dilakukan oleh Y-Publica menyebutkan elektabilitas PDI Perjuangan diprediksi masih unggul dalam Pemilihan Legislatif 2024.

“Jika pemilu digelar saat-saat sekarang, elektabilitas PDIP mencapai 30,3 persen, jauh di atas perolehan partai-partai politik yang lain,” kata Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (4/3/2020).

Tingginya elektabilitas PDIP itu, katanya, tidak bisa dilepaskan dari posisi sebagai partai berkuasa pemenang Pemilu 2019 lalu. PDI Perjuangan juga menjadi magnet bagi berbagai kekuatan politik untuk dapat masuk ke dalam lingkaran kekuasaan.

Baca Juga:   Mulan Jameela Memakai Nama Artis Karena Takut Tidak Menang di Pileg 2019?

“Posisi berikutnya diduduki oleh Gerindra dengan elektabilitas 15,2 persen dan Golkar 10,3 persen,” kata Rudi.

Menurutnya, rekonsiliasi antara kubu Joko Widodo dan Prabowo berdampak pada semakin mantapnya posisi Gerindra sebagai “runner-up”. Posisi Golkar makin tergerus, tidak berhasil mengembalikan kejayaannya seperti pada pemilu-pemilu sebelumnya.

Berturut-turut pada posisi papan tengah adalah PKS (6,4 persen), PKB (5,6 persen), Demokrat (3,5 persen), dan PPP (3,3 persen).

Baca Juga:   PDIP Serukan Agar Banguna di Daerah Bergotongroyong Atasi Dampak Karhutla

“NasDem yang sebelumnya naik perolehan suaranya pada Pemilu 2019 turun jauh hanya tersisa 2,9 persen, bisa jadi mengingat ketegangan antara Nasdem dengan kubu Jokowi dan PDIP,” ujar Rudi.

Demikian pula dengan PAN yang anjlok elektabilitasnya menjadi tinggal 1,4 persen. Posisi PAN yang saat ini berada di luar pemerintahan ditambah dengan gonjang-ganjing kepemimpinan usai ricuh dalam kongres berkontribusi negatif bagi elektabilitas parpol besutan Amien Rais tersebut.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *