oleh

Teror “Serigala” Mangsa Puluhan Ternak, Warga Bandung Barat Resah

GOSIPGARUT.ID — Warga Desa Bunijaya, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB) resah dengan teror ajag atau anjing hutan serupa serigala. Sebab, anjing tersebut telah memangsa puluhan ternak warga sejak dua bulan terakhir.

Tokoh pemuda Bunijaya, Gungun Sujatmika mengatakan, ajag tersebut memiliki postur badan yang lebih besar daripada anjing pada umumnya. Rata-rata mereka memangsa domba dan kambing warga yang berada di dalam kandang.

Dari kesaksian pemilik ternak, menurut Gungun, hewan dengan nama latin Cuon alpinus itu beraksi diikuti sejumlah anjing lainnya.

“Di daerah Gununghalu ada ternak dimangsa ajag yang mirip serigala. Di kampung saya, Legok Bolang, ada lebih dari empat ekor domba dimangsa. Ajagnya hanya satu yang galak, tapi diikuti oleh anjing kampung yang ukurannya lebih kecil, lebih dari enam,” kata Gungun, Kamis (9/1/2020).

Baca Juga:   Mayat Lelaki Paruh Baya Ditemukan di Selokan Rancabango Tarogong Kaler

Menurutnya, mamalia tersebut merangsek masuk ke dalam kandang ternak melalui celah di antara tempat pakan. Kejadian ini juga, Gungun mengungkapkan, terjadi di Kampung Cihurang, Cadas, Legokbolang, dan Warungkupa. Dari semua kejadian itu, menurut dia, ada kejanggalan.

“Kalau lapar ya mungkin sehari atau dua hari lah, kalau ini belum 24 jam di malam berikutnya terjadi lagi. Sering sekali, dan kadang tidak dimakan, hanya digigit saja atau dibunuh,” tutur Gungun.

Baca Juga:   Mahasiswi Unpad Hilang Misterius, Sebulan Kemudian Ditemukan di Garut

Pernah warga melempari ‘serigala’ itu dengan golok, namun tak mempan. “Malah mental goloknya, dilempar lagi, meleset. Malah dinding bilik yang kena dan bolong,” ucapnya.

Hingga kini ‘serigala’ tersebut belum masih berkeliaran. Warga Bandung Barat diselimuti keresahan. “Kejadian ini meresahkan. Sudah puluhan ekor ternak yang dimangsa,” kata Gungun. (dtc)

Komentar

Berita Terkait