oleh

Termasuk dari Garut, 82 Seniman Ikuti Pameran Lukisan Virtual Peduli Covid-19

GOSIPGARUT.ID — Pameran lukisan bertema “Imaji: Empati dari Ruang Isolasi” digelar di Bale Seni Barli, Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), dari Rabu 9 September sampai 9 Oktober 2020.

Kegiatan yang diikuti oleh seniman dari berbagai daerah, seperti Jakarta, Bandung, Garut, Tasikmalaya, dan Yogyakarta, yang tergabung dalam perupa Komunitas Anugerah Barli, para perupa tamu, dan undangan, digelar secara daring. Ini dikarenakan kondisi pandemi Covid-19 yang belum usai.

Panitia kegiatan Evi Gunawan mengatakan, pada pameran ini tidak hanya menampilkan lukisan dan gambar hasil karya para pelaku seni. Tapi juga turut dihadirkan seni video art dan karya seni instalasi. Termasuk memutar video proses kreasi masing-masing peserta saat terkekang di rumah akibat pandemi.

Baca Juga:   Bandung Barat, Garut, dan Sumedang Jadi Pusat Perhatian Kantor SAR

“Melalui pameran seni bertema ‘Imaji: Empati dari Ruang Isolasi’ ini, kami ingin menggugah khalayak dan siapapun itu untuk berempati kepada mereka yang terdampak Covid-19,” ucapnya, Minggu (13/9/2020).

Pandemi yang sudah berjalan hampir setahun dan telah merenggut jutaan orang di seluruh dunia, harus menjadi renungan semua pihak. Melalui pameran ini pihaknya berhasil mengumpulkan bantuan yang rencananya akan disalurkan ke siswa kurang mampu. Khususnya yang tidak bisa mengikuti kegiatan pembelajaran jarak jauh akibat keterbatasan sarana dan prasarana.

Baca Juga:   SMK Muhammadiyah dan Masjid di Garut Terima Bantuan Wakaf Alquran

“Nantinya, 20 persen dari hasil karya yang terjual bakal didonasikan buat mereka,” sambung Evi.

Menurutnya, peserta yang terlibat pada kegiatan ini ada 82 orang, termasuk salah satunya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK). Pelukis lainnya seperti hasil karya dari Barli Sasmitawinata (Alm), Nakis Barli (Alm), Chusin Setiadikara, Basuki Bawono, Diyanto, Rosid, Rendra Santana, Tiarma Sirait, dll.

Baca Juga:   Totong Bangga Punya Pimpinan Seperti Rudy Gunawan yang Utamakan Kepentingan Umum

Pembukaan pameran telah dilakukan Rabu (9/9/2020) lalu secara daring. Hingga 9 Oktober 2020 pameran seni rupa dan keprihatinan ini bisa disaksikan secara virtual di Facebook Bale Seni Barli, Instagram @balesenibarli, dan Bale Seni Barli Youtube Channel. (Sndn)

Komentar

Berita Terkait