oleh

Pada Reses Legislator PDIP, Bupati Garut Singgung Soal Anggaran Kantor Desa

GOSIPGARUT.ID — Bupati Rudy Gunawan menghadiri reses anggota DPRD Garut dari Fraksi PDI Perjuangan, Yudha Puja Turnawan, di Desa Ngamplangsari, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Senin (2/12/2019). Pada kesempatan itu, ia menyinggung soal anggaran kantor desa yang akan dialokasikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut.

Menurut Bupati, Pemkab Garut akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp200 juta pada tahun anggaran 2021 untuk membantu secara stimulan pembangunan kantor desa yang lebih bagus dan aksesnya mudah. “Nanti ada bantuan sebesar Rp200 juta untuk pembangunan kantor desa,” katanya.

Bupati menuturkan, Pemkab Garut memiliki kewajiban untuk membantu dan meningkatkan pelayanan publik di tingkat pemerintah desa. Salah satunya, dengan menyediakan kantor yang layak dan mudah diakses masyarakat untuk mendapatkan berbagai pelayanan publik.

“Kami akan bantu pembangunan kantor desa, stimulan saja nanti di tahun 2021,” ujarnya.

Baca Juga:   Pemkab Garut Segera Selesaikan Pembangunan Pasar Samarang dan Leles

Bupati mengungkapkan, bantuan untuk pembangunan kantor desa itu bagi kantor desa yang selama ini didirikan bukan di tanah milik desa, dan lokasinya sulit diakses.

Ia mencontohkan, seperti kantor Desa Ngamplangsari akan mendapatkan dana bantuan tersebut karena selama ini kantornya berada dalam jalan gang. “Nanti kantor Desa Ngamplangsari akan pindah,” kata Rudy.

Baca Juga:   Warga Keluhkan Kondisi Pasar Limbangan di Garut yang Kumuh

Anggota DPRD Garut Fraksi PDI Perjuangan Yudha Puja Turnawan menyatakan, siap mendukung program bantuan pembangunan kantor desa untuk memberikan kenyamanan pelayanan bagi masyarakat.

Menurut dia, kantor desa harus memberikan pelayanan yang optimal salah satunya keberadaan kantor harus mudah diakses oleh masyarakat.

“Saya mendukung bantuan itu karena seperti Desa Ngamplangsari masuk gang, hanya bisa diakses motor, harusnya bisa di pinggir jalan,” kata Yudha.

Baca Juga:   Bupati Garut Serahkan Kendaraan Operasional untuk Lapad Ruhama, TKSK, dan Tagana

Ia menambahkan, berbagai persoalan di desa termasuk masyarakatnya harus menjadi perhatian pemerintah daerah dan diperjuangkan oleh wakil rakyat daerah pemilihannya. “Melalui reses ini untuk menampung aspirasi masyarakat,” kata Yudha. (Ant/Gun)

Komentar

Berita Terkait