oleh

Fakultas Kewirausahaan Uniga Dirikan Laboratorium Bisnis “Roti Kembung Haneut”

GOSIPGARUT.ID — Peranan perguruan tinggi dalam memotivasi lulusan sarjananya menjadi seorang wirausahawan muda sangat penting dalam menumbuhkan jumlah wirausahawan. Untuk itu diperlukan solusi, bagaimana pendidikan dapat berperan untuk mengubah anak didik menjadi sumber daya manusia (SDM) yang memiliki karakter dan perilaku wirausaha.

“Itulah alasan mengapa kami (Fakultas Kewirausahaan Uniga) membuka laboraturium bisnis sebagai unit usaha para mahasiswa. Mereka diberikan kesempatan untuk praktek langsung menciptakan usaha baru. Intinya mahasiswa diberikan keleluasaan untuk belajar dari pengalaman dan terjun langsung sebagai pengusaha dalam situasi dan kondisi yang sesungguhnya,” kata Dekan Fakultas Kewiruasusahaan Uniga, Sukma Nugraha, SE., MM.

Ia mengharapkan unit usaha ini membawa berkah serta manfaat bagi masyarakat dan menjadi sarana dimana mahasiswa bisa belajar langsung menuntut ilmu untuk menjadi seorang enterpreuner. Mulai memilih jenis usaha dan membuka usaha baru, manajemen tata kelola usaha, teknik marketing, berinteraksi dengan customer sampai mencari dukungan permodalan.

Baca Juga:   Uniga Kembali Mewisuda 268 Lulusan, Kali Ini Diselenggarakan di Hotel

Apalagi, tambah Sukma, dalam pengelolaan laboratorium ini mahasiswa sepenuhnya dilibatkan langsung. Mereka yang mengelola, sehingga saat mereka lulus sudah tidak bingung menentukan masa depanya. Bahkan saat menjadi mahasiswa pun mereka diberi kesempatan untuk membuka usaha baru.

Pembukaan atau grand opening laboratorium bisnis unit usaha “Roti Kembung Haneut” dilaksanakan pada Minggu (8/9/2019) di Jalan Cimanuk 120 Jayaraga Garut (depan pertigaan Al-Musaddadiyah).

Dalam kesempatan itu turut hadir Wakil Rektor I bidang Akademik, Dr. Ijudin, M.Ag; Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaaan, Iman Saefullah, S.PdI, M.Pd.I; Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Uniga, Prof. Dr. Hj. Ummu Salamah, MS; Dra. Hj. Empat Fatimah, Galih Abdul Fatah Maulani, S.Kom, M.Kom; serta para tamu undangan lainnya.

Baca Juga:   Empat Warga Thailand Jadi Mahasiswa Fakultas Kewirausahaan Uniga

Acara pembukaan ditandai dengan acara gunting pita dan potong tumpeng secara simbolis yang dilakukan oleh Prof. Dr. Hj. Ummu Salamah, MS, bersama Dra. Hj. Empat Fatimah

Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaaan Iman Saefullah, S.PdI, M.Pd.I, menyampaikan apresiasinya kepada dekan fakultas kewirausahaan serta pihak lain yang turut andil sehingga laboratorium usaha ini bisa terwujud.

“Unit usaha ini menjadi alternatif yang menjanjikan bagi generasi muda, khususnya mahasiswa kewirausahaan Uniga, di tengah mindset masyarakt tentang sulitnya lapangan kerja. Laboratorium ini bisa dijadikan media untuk belajar menjadi enterpreuneur dan ikut berkontribusi bagi bangsa negara dalam menciptakan lapangan pekerjaan. Ini gagasan yang sangat bagus dan harus didukung,” ujarnya.

Baca Juga:   Pengalaman Luar Biasa Septi Saat Jadi Anggota Paskibraka di Kampusnya

Galih Abdul Fatah Maulani, S.Kom, M.Kom, Wakil Dekan Fakultas Kewirausahaan bidang Akademik, menambahkan laboratorium bisnis ini merupakan unit usaha yang memproduksi “Roti Kembung Hanuet” cabang Bandung dan telah bekerjasama dengan Kang Fajar sebagai pengelola roti kembung yang ada di Bandung.

“Unit usaha ini sekaligus merupakan cabang yang pertama di luar Kabupaten Bandung, diharapkan mampu menjadi wadah bagi mahasiswa dalam mengembangkan bidang kewirausahaannya, karena laboratorium ini telah terintegrasi dengan kurikulum yang ada di Fakultas Kewirausahaan Uniga,” kata dia. (Yuyus)

Komentar

Berita Terkait