oleh

Di Garut “Dicuekin”, Galih MR Terpaksa ke Jogjakarta Kejar Cita-cita

GOSIPGARUT.ID — Olahraga sepeda BMX memang bukan olahraga populer di Kota Garut. Sehingga, walaupun ada talenta yang unggul di bidang ini, pemerintah daerah atau kalangan olahraga jarang yang meliriknya.

Hal tersebut yang dirasakan Galih Mohammad Ramdan. Putera kelahiran Desa Cihuni, Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut, pada 27 Oktober 2006 ini sudah puluhan menggenggam ragam prestasi. Tetapi, sebagaimana dikatakan tadi, perhatian dari para pihak yang semestinya mengapresiasi prestasi itu, tidak ada.

Dengan demikian, tidak mengherankan jika putra dari Aisyah ini hijrah ke Yogyakarta, dengan alasan di Kota Pelajar tersebut terdapat sekolah khusus balap sepeda BMX yaitu Nurwarsito BMX Racing School Opik Nelson 39, sekaligus melanjut pendidikan ke SMP 2 Depok Kabupaten Sleman, Provinsi Jogjakarta, setelah lulus dari SDN Cihuni 1, Kecamatan Pangatikan.

Dalam sejumlah event kejuaraan, Galih Mohammad Ramdan selalu meraih prestasi gemilang. (Foto: Yuyus YS/GosipGarut)

Didampingi sang paman, Eka Setiadi, ia menceritakan bagaimana kisahnya dulu supaya ada perhatian dari pemerintah daerah untuk cabang olahraga yang ia geluti sekarang. Karena bagaimanapun, dalam setiap event, baik di dalam kota maupun di luar kota, Galih selalu membawa nama Garut.

Baca Juga:   Atep Terkejut Setelah Kontraknya Tak Diperpanjang Persib

Prestasi yang pernah diraih Galih, di antaranya juara 1 BMX Cross Piala Komandan Lanud Sulaeman Bandung 2013, Juara 1 BMX Cross League Surabaya 2013, Juara 1 BMX Cross League Cimahi Jabar 2013, Juara 3 BMX Nasional Championship Jogyakarta 2018, Juara 1 Tes Event Asian Games Ciamis 2017, Juara 1 Indonesian League Jakarta 2018, dan berbagai prestasi lainnya, yang terakhir pemilik tinggi 165 cm ini sedang mengikuti seleksi Sea Games.

Baca Juga:   Piala Presiden Dibuka dengan Laga Persib Kontra Tira-Persikabo

Seperti diketahui, di kampung kecil bernama Cihuni, Desa Cihuni Kecamatan Pangatikan, olahraga balap sepeda BMX memang sudah populer sejak puluhan tahun lalu. Berbagai event kejuaraan kecil seringkali digelar di kampung tersebut.

Dalam sejumlah event kejuaraan, Galih Mohammad Ramdan selalu meraih prestasi gemilang. (Foto: Yuyus YS/GosipGarut)

“Dari SD kelas 1 suka balapan sepeda dan juara terus. Sudah kemana kemana berangkat sendiri, seperti ke Bandung, Sumedang, Cimahi, Jakarta, Jogya, Surabaya, Cimahi, Blitar, Temanggung, dll. Sampai saat ini belum ada yang mewadahi, Pemkab Garut dan Dispora tidak tahu ada atlet kampung berkancah di tingkat nasional,” kata Eka. (Yuyus)

Komentar