Nasional

Status Honorer Akan Dihapus, Namun Pegawai Non-ASN Ini Dipastikan Tak Akan Jadi Pengangguran

×

Status Honorer Akan Dihapus, Namun Pegawai Non-ASN Ini Dipastikan Tak Akan Jadi Pengangguran

Sebarkan artikel ini
ILUSTRASI -- Status honorer.

GOSIPGARUT.ID — Nasib pegawai honorer mulai menemukan titik terang. Meski status honorer akan dihapus pada akhir tahun ini, namun pemerintahan memastikan para pegawai tersebut tidak akan menjadi pengangguran.

Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menuturkan seluruh pegawai honorer akan diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian (PPPK) pada 2024 ini.

Anas mengatakan bagi pegawai non-ASN yang lulus seleksi CASN akan diangkat menjadi PPPK penuh waktu. Sementara itu, pegawai honorer yang telah mengikuti CASN 2024 namun belum lulus akan disiapkan menjadi PPPK paruh waktu.

Baca Juga:   Tahun Depan Dihapus, 400 Ribu Tenaga Honorer Akan Didorong Mengikuti Skema PPPK

“Bagi pegawai non-ASN yang telah mengikuti seleksi 2024, namun belum lulus untuk memenuhi lowongan formasi akan disiapkan mekanisme khusus dengan diangkat menjadi PPPK paruh waktu,” katanya.

Kepastian pengangkatan ini terutama dilakukan untuk tenaga honorer eks tenaga honorer katagori II (THK II) alias mereka yang terdaftar dalam database Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Baca Juga:   Di Masa PPKM, Penerima BST dan PKH Akan Dapat Tambahan Beras 10 Kilogram

Karena itu, Anas berharap seluruh kementerian, lembaga dan pemerintah daerah untuk segera menyelesaikan usulan formasi terkait seleksi Calon ASN 2024. Dia mengatakan pengangkatan tenaga non-ASN menjadi PPPK akan dilakukan melalui mekanisme CASN tersebut.

“Bagi non-ASN yang telah terdata di BKN pasti akan diselesaikan tahun ini,” ujarnya.

Anas mengatakan apabila terjadi kesalahan dalam pendataan di BKN itu, para tenaga honorer dapat melakukan protes. Menurut dia, protes dapat disampaikan langsung kepada kementerian dan pemerintah daerah masing-masing.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *