Jawa Barat

Hadapi Kekeringan, Pemprov Jawa Barat Berusaha untuk Menjaga Stok Beras

×

Hadapi Kekeringan, Pemprov Jawa Barat Berusaha untuk Menjaga Stok Beras

Sebarkan artikel ini
ILUSTRASI -- Stok beras.

GOSIPGARUT.ID — Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin menyatakan bahwa pemerintah provinsi (Pemprov) yang dipimpinnya tengah melakukan usaha untuk menjaga stok beras aman dalam menghadapi kekeringan akibat kemarau panjang.

“Itu dihadapi seluruh daerah dan negara. Dan setiap minggunya TPID (tim pengendali inflasi daerah) memantau, intinya (dalam kemarau) stok beras harus diperhatikan,” ujar dia, Selasa (12/9/2023).

Usaha tersebut juga, ucap Bey, dilakukan untuk menjaga harga komoditas bahan pokok tersebut yang kini telah merangkak naik lagi, bahkan di beberapa daerah Kota Bandung dikabarkan sudah mencapai Rp16 ribu dari sebelumnya Rp13 ribu.

Baca Juga:   Pemkab Garut Sudah Diperintahkan untuk Mempersiapkan Pemekaran Garut Selatan

Dengan menjaga stok beras, ia mengatakan pihaknya menjamin tidak akan terjadi kelangkaan di pasar-pasar tradisional Jawa Barat, meski terjadi kenaikan harga.

“Intinya ketersediaan stok saja yang penting, belum ada daerah yang minus stok beras. Harga naik memang itu dialami semua daerah,” kata Bey.

Terkait dengan kenaikan harga sendiri, ia menilai kenaikan yang terjadi di Jawa Barat itu masih terbilang wajar.

Baca Juga:   Pemprov Jabar Beri Perhatian Khusus Terhadap Garut, Cianjur, dan Sukabumi

“Masih cukup normal tapi memang tinggi. Beras premium itu mungkin Rp100 sampai Rp200 rata-rata (naiknya tiap periode),” tutur Bey.

Selain itu, dia juga yakin meski harga beras mulai naik, tidak akan terjadi gejolak di pasar, mengingat bantuan pangan dari pemerintah pusat juga mulai dilakukan, termasuk dengan operasi pasar.

“Dari nasional ada bantuan pangan itu yang harus kita jaga, supaya tidak ada kelangkaan barang. Itu yang paling penting. Operasi pasar, bantuan pangan kepada 21,3 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM),” ucap Bey.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *