oleh

Diguyur Hujan, Jembatan di Pamulihan Nyaris Putus dan Jalan Tertimbun Longsor

GOSIPGARUT.ID — Hujan deras yang mengguyur wilayah Garut Selatan mengakibatkan satu buah jembatan nyaris putus dan jalan kabupaten di Desa Garumukti, Kecamatan Pamulihan, tertimbun longsor.

Jembatan yang nyaris putus menimpa  jembatan Barukala yang berlokasi di KM 10, Desa Garumukti. Sementara jalan yang tertimbun longsor adalah di Kampung Cilimus KM 13, Desa Garumukti, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Garut.

Kepala Desa Garumukti, Edde Sukmana, mengatakan, longsor dan jembatan nyaris putus terjadi akibat hujan deras yang mengguyur kawasan Pamulihan pada Senin siang. Akibat peristiwa tersebut, arus lalu lintas di jalan alternatif yang menghubungkan Desa Garumukti, Kecamatan Pamulihan dan Kecamatan Bungbulang, terputus.

“Hujan deras sejak siang mengakibatkan terjadinya longsor sekira pukul 16.45 WIB. Longsoran tanah menutup jalan alternatif yang menghubungkan Kampung Nangkaruka Desa Garumukti dan Kecamatan Bungbulang,” kata dia, Senin (11/1/2021).

Baca Juga:   Tanah Longsor Tutup Badan Jalan Bungbulang-Garut di Kecamatan Pamulihan

Edde menjelaskan, longsor sepanjang 25 meter dan tinggi 2 meter serta longsor lain sepanjang 25 meter dengan ketinggian 7 meter telah mengakibatkan jalan terputus total, baik untuk kendaraan roda empat maupun roda dua.

“Kondisi ini sangat membahayakan pengendara yang melintas apalagi hujan terus mengguyur dan tidak menutup kemungkinan terjadinya longsor susulan,” ujar dia.

Baca Juga:   Ratusan Warga Garumukti "Ubyag" di Hulu Sungai Cibatarua Pamulihan, Untuk Apa?

Menurut Edde, setelah ada laporan kejadian, unsur Forkopimcam Pamulihan beserta kepala desa, Babinkamtibmas/Babinsa, turun ke lokasi untuk melakukan pengamanan terhadap pengendara yang melintas.

Untuk sementara material longsoran belum dapat dibersihkan mengingat cuaca yang masih diselimuti hujan deras.Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun masyarakat yang hendak melintas harus berputar arah karena jalan tidak dapat digunakan.

Baca Juga:   167 KPM di Desa Garumukti Pamulihan Nikmati BPNT Perluasan

“Desa Garumukti adalah wilayah yang rawan bencana apalagi di saat musim hujan. Saya mengimbau masyarakat untuk terus waspada di saat musim hujan seperti ini karena bencana tidak bisa diprediksi sebelumnya,” kata Edde. (Respati)

Komentar

Berita Terkait