oleh

Bantuan untuk Pelaku Usaha Mikro di Garut Disalurkan Akhir September 2020

GOSIPGARUT.ID — Program bantuan bagi pelaku usaha mikro terdampak wabah Covid-19 di Kabupaten Garut siap disalurkan. Menurut rencana penyalurannya akan dilakukan pada akhir September 2020.

“Melihat dari pidato Bapak Presiden, maka bantuan ini bisa disalurkan akhir September,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Garut Suhartono, Jumat (18/9/2020).

Ia menuturkan persyaratan mendapatkan bantuan yakni memiliki nomor induk kependudukan (NIK), mempunyai usaha mikro dengan dibuktikan surat usulan dari pengusul, serta bukan ASN, anggota TNI/POLRI, atau pegawai BUMN/BUMD.

Suhartono menyampaikan, Pemkab Garut sudah melakukan pendataan sejak pertengahan Agustus hingga 18 September 2020 yang dilakukan melalui dua tahap yaitu sosialisasi dan sebaran surat edaran tentang program itu.

Baca Juga:   Petugas BP2MI Gerebeg Rumah Mewah di Garut yang di Dalamnya Ada 15 ABK

Hasil pendataan di lapangan, kata dia, jumlah UMKM di Garut sebanyak 150.176 unit atau peringkat kedua terbanyak setelah Kota Bandung yang mencapai 150.557 UMKM dan total yang mengusulkan bantuan dari Jabar sebanyak 1.729.966 UMKM.

“Setelah ditutup pada hari ini, kemudian akan dilakukan seleksi oleh pengelola penanggung jawab di Kementerian Koperasi UKM dan langsung disalurkan melalui bank penyalur bantuan ini,” ujar Suhartono.

Baca Juga:   Warga Limbangan Adukan Subkontraktor Pabrik Sepatu ke Polisi

Ia mengimbau para pelaku usaha untuk tetap mengikuti arahan dan aturan yang telah ditetapkan pemerintah dalam penyaluran bantuan program tersebut.

Terutama, lanjut Suhartono, masyarakat harus lebih berhati-hati akan terjadinya penipuan oleh orang yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan momentum program bantuan untuk pelaku usaha mikro.

“Jangan sampai terjadi penipuan, apalagi minta nomor rekening, silakan kontak Diskop dan UKM bila ada permasalahan,” katanya. (Ant)

Baca Juga:   Mulai 1 Juni, Garut Terapkan Penegakan Disiplin di Tempat Keramaian

Komentar

Berita Terkait