oleh

Cegah Corona, Taman Satwa Cikembulan Garut Tutup Sementara

GOSIPGARUT.ID — Merebaknya wabah corona virus disease 2019 (Covid-19) yang ditetapkan World Healt Organization (WHO) sebagai pandemi berdampak terhadap berbagai kegiaten termasuk aktivitas kepariwisataan. Salah satunya obyek wisata lembaga konservasi Taman Satwa Cikembulan Kadungora, Kabupaten Garut.

Menyikapi perkembangan situasi kondisi di tengah masyarakat sekaligus menyambut himbauan pemerintah untuk pencegahan penyebaran Covid-19, pihak pengelola Taman Satwa Cikembulan mulai Selasa (17/3/2020) lalu menutup aktivitas pariwisatanya hingga waktu dinilai mulai kondusif.

Manajer Taman Satwa Cikembulan Rudy Arifin menuturkan, sebelumnya hingga Minggu (15/3/2020), jumlah kunjungan masih terbilang normal. Pengelola juga sudah melaksanakan berbagai langkah diperlukan berkaitan pencegahan penyebaran Covid-19, antara lain melakukan penyemprotan disinfektan di area satwa dan fasilitas pengunjung, memasang poster mengenai cara membersihkan tangan yang baik, dan menyediakan hand sanitizer di setiap toilet dan tempat cuci tangan.

Baca Juga:   Aktivitas Gunung Papandayan Normal Meski Tangkuban Perahu Erupsi

Pada Senin (17/6/2020) lalu, jumlah pengunjung melorot drastis. Hal itu diduga berhubungan erat dengan soal wabah Covid-19. “Dengan berbagai pertimbangan, akhirnya mulai Selasa ini, Taman Satwa Cikembulan ditutup sementara. Sampai, suasananya kembali normal,” ujar Rudy.

Taman Satwa Cikembulan merupakan lembaga konservasi yang menjadi salah satu obyek tujuan wisata edukasi favorit di Kabupaten Garut. Kendati masih terkendala akses jalan masuk yang kecil, dan banyak kerusakan, berbagai pengembangan dan penataan fasilitas untuk pengunjung maupun penghuni taman satwa terus ditingkatkan, seiring jumlah kunjungan yang meningkat setiap tahunnya. (IK/Zainulmukhtar)

Baca Juga:   Sambut Wisatawan, Pemkab Garut Percantik Kawasan Wisata Pantai

Komentar

Berita Terkait