Berita

Berarsitektur Yunani Kuno, Kantor Desa Wanakerta Habiskan Dana Rp1 Miliar

×

Berarsitektur Yunani Kuno, Kantor Desa Wanakerta Habiskan Dana Rp1 Miliar

Sebarkan artikel ini
Gedung Kantor Desa Wanakerta, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut. (Foto: Diskominfo)

GOSIPGARUT.ID — Desa Wanakerta, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, terus berbenah. Selain membangun sejumlah fasilitas umum, seperti jalan desa, pembangunan sarana publik yang telah berhasil dilakukan desa tersebut yakni membangun gedung kantor desa nan megah.

Uniknya, selain menghabiskan dana besar untuk ukuran kantor desa, yaitu Rp1 miliar, pembangunan kantor berlantai dua itupun berarsitektur yang terinspirasi oleh bangunan Yunani kuno. Di mana, gedung tersebut mengutamakan kontruksi pilar dengan ornamen belahan buah belimbing dengan warna dasar khas putih.

“Sengaja kami bangun gedung kantor ini serepesentatif mungkin, agar gairah dan semangat kerja kami meningkat,” kata Kepala Desa Wanakerta, Sunarkawan (55), saat ditemui wartawan belum lama ini.

Baca Juga:   Polisi Sebut Kebakaran Lahan Gunung Kancil Garut Hanguskan Ratusan Hektare di Tiga Desa

Ia menuturkan, selain untuk menumbuhkan gairah dan semangat kerja, hal itu dilakukan semata-mata untuk meningkatkan pelayanan publik yang efektif dan efisien serta memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Desa Wanakerta.

“Gedung ini dibangun melalui melalui tiga tahap. Untuk bangunan gedung kantor desa, lantai 1 menggunakan dana dari Banprov dalam kurun waktu tiga tahun. Sedangkan lantai 2, berupa gedung PKBM (pusat kegiatan masyarakat) menggunakan ADD (anggaran dana desa),” terang pria berkumis yang menjadi Kades sejak 2015 itu.

Baca Juga:   Kebakaran Kembali Terjadi di Cibatu, Kini Menimpa Sebuah "Camping Ground"

Ia menambahkan, gedung itu selain dilengkapi perangkat komputer dan laptop, juga dilengkapi infrastruktur jaringan untuk pelayanan dan wifi gratis untuk masyarakat di sekiltar halaman kantor.

Kemegahan gedung Desa Wanakerta akan lebih kentara bila dipandang pada malam hari. Cahaya lampu menghiasi sudut-sudut artistik gedung semi kuno tersebut.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *