Kuliner

Trik Sederhana Minimalisir Makan Hidangan Lebaran Secara Berlebihan

×

Trik Sederhana Minimalisir Makan Hidangan Lebaran Secara Berlebihan

Sebarkan artikel ini
Makanan lebaran. (Foto: Istimewa)

GOSIPGARUT.ID — Lebaran menjadi hari yang ditunggu-tunggu. Salah satunya adalah Anda dapat mencicipi sejumlah hidangan lezat yang sebagian besar hanya bisa dimakan saat idul Fitri.

Tidak heran bila Anda seringkali lepas kontrol mengonsumsi hampir semua hidangan, sehingga pola makan pun menjadi kacau. Akibatnya, tanpa disadari berat badan ikut melonjak. Nah, bagaimana meminimalisir agar Anda tidak makan secara berlebihan? Melansir hellosehat, berikut trik sederhananya:

1. Buatlah target yang masuk akal

Baca Juga:   Banyak yang Menduga Coklat Legend Ini Produk Luar Negeri, Padahal Berasal dari Garut

Makanant Lebaran biasanya tinggi lemak, protein, dan karbohidrat. Untuk sementara, Anda dapat mengesampingkan program penurunan berat badan, tetapi lebih fokus pada menjaga berat badan saat ini. Jangan terlalu ketat pada diri Anda, tetap perhatikan porsinya, jangan makan sampai terlalu kenyang.

2. Jangan lapar mata

Lapar mata membuat Anda ingin makan berbagai jenis makanan dengan porsi yang lebih dari biasanya. Anda bisa menyiasati hal tersebut dengan lebih banyak menghabiskan waktu untuk mengobrol bersama teman dan saudara.

Baca Juga:   Restoran yang Sajikan Makanan Tradisional Garut Sebagai Menu Andalan, Kini Hadir di Kota Dodol

3. Berhentilah makan saat sudah kenyang

Salah satu alasan mengapa kita cenderung makan berlebihan saat acara tertentu atau hari raya adalah karena kita biasanya mengabaikan rasa kenyang. Sebelum makan, cobalah untuk mengisi piring Anda dengan makanan yang benar-benar ingin dikonsumsi dan jumlahnya sesuai dengan kebutuhan, lalu makan dengan perlahan.

Usai makan, jauhkan piring kosong dari hadapan Anda untuk mencegah mengambil makanan lagi. Kunyah permen karet mint bebas gula dan minum segelas air, ini dapat mencegah Anda mengalami lapar palsu.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *