oleh

Trik Sederhana Minimalisir Makan Hidangan Lebaran Secara Berlebihan

GOSIPGARUT.ID — Lebaran menjadi hari yang ditunggu-tunggu. Salah satunya adalah Anda dapat mencicipi sejumlah hidangan lezat yang sebagian besar hanya bisa dimakan saat idul Fitri.

Tidak heran bila Anda seringkali lepas kontrol mengonsumsi hampir semua hidangan, sehingga pola makan pun menjadi kacau. Akibatnya, tanpa disadari berat badan ikut melonjak. Nah, bagaimana meminimalisir agar Anda tidak makan secara berlebihan? Melansir hellosehat, berikut trik sederhananya:

1. Buatlah target yang masuk akal

Makanant Lebaran biasanya tinggi lemak, protein, dan karbohidrat. Untuk sementara, Anda dapat mengesampingkan program penurunan berat badan, tetapi lebih fokus pada menjaga berat badan saat ini. Jangan terlalu ketat pada diri Anda, tetap perhatikan porsinya, jangan makan sampai terlalu kenyang.

Baca Juga:   Ternyata, Semangkuk Mie Ayam Dapat Hilangkan Hidung Tersumbat

2. Jangan lapar mata

Lapar mata membuat Anda ingin makan berbagai jenis makanan dengan porsi yang lebih dari biasanya. Anda bisa menyiasati hal tersebut dengan lebih banyak menghabiskan waktu untuk mengobrol bersama teman dan saudara.

3. Berhentilah makan saat sudah kenyang

Salah satu alasan mengapa kita cenderung makan berlebihan saat acara tertentu atau hari raya adalah karena kita biasanya mengabaikan rasa kenyang. Sebelum makan, cobalah untuk mengisi piring Anda dengan makanan yang benar-benar ingin dikonsumsi dan jumlahnya sesuai dengan kebutuhan, lalu makan dengan perlahan.

Usai makan, jauhkan piring kosong dari hadapan Anda untuk mencegah mengambil makanan lagi. Kunyah permen karet mint bebas gula dan minum segelas air, ini dapat mencegah Anda mengalami lapar palsu.

Baca Juga:   Seblak, Kuliner Khas Sunda yang Mendadak Tenar Menasional

4. Penuhi piring dengan sayur

Ketika mengambil makanan, penuhi dulu piring Anda dengan sayuran, yang dapat membantu Anda cepat kenyang dengan kandungan serat tinggi. Cepat kenyang tentu akan membantu mencegah Anda makan berlebih. Pilihlah jenis sayur yang tidak bersantan.

5. Hindari bagian daging yang berlemak

Daging, terutama daging merah, cenderung tinggi akan lemak jenuh. Meskipun konsumsi daging tidak sepenuhnya dilarang, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menyiasati lemak yang terdapat dalam masakan daging.

Jika makan ayam, Anda bisa memilih bagian dada dibanding paha atau sayap, karena bagian dada cenderung lebih sedikit kandungan lemaknya. Selain itu, saat makan ayam sebisa mungkin hindari makan bagian kulitnya, karena lemak yang dimiliki unggas biasanya tersimpan di kulitnya.

Baca Juga:   Masak Tempe Nugget, Praktis dan Sehat Euy....!

6. Waspadai minuman mengandung gula

Dalam satu sendok makan sirup mengandung 53 kalori yang hampir seluruhnya berasal dari karbohidrat. Selain itu, dalam satu sendok makan sirup juga mengandung 10 gram gula pasir.

Soda pun tidak jauh berbeda, tiap porsinya mengandung pemanis, terlebih lagi soda diet yang biasanya menggunakan pemanis buatan sebagai pengganti gula. Batasi konsumsi minuman tersebut untuk mencegah Anda menimbun kalori tanpa Anda sadari.

Intinya adalah jangan lapar mata dan perhatikan porsi makanan yang Anda konsumsi. (K6/Gun)


Komentar