oleh

Pemkab Garut Bersama RS Cicendo Gelar Operasi Katarak di Rancabuaya

GOSIPGARUT.ID — Pemerintah Kabupaten Garut bekerjasama dengan rumah sakit (RS) Mata Cicendo Bandung mengelar bakti sosial berupa operasi mata bagi masyarakat yang menderita penyakit katarak. Operasi tersebut berlangsung di Puskesmas Sukarame yang bertempat di Pantai Rancabuaya, Garut Selatan.

Kepala Puskesmas Sukarame, Rudani, mengatakan bakti sosial operasi katarak yang berlangsung pada Jumat (26/4/2019) itu, merupakan yang kali keempatnya dilaksanakan di Puskesmas Sukarame. Hanya yang keempat ini diselenggarakan oleh Pemkab (Dinas Kesehatan) Kabupaten Garut dalam rangka memperingati Hari Jadi Garut ke-206.


Saat proses pendaftaran baik pasien yang mau dioperasi katarak maupun yang hanya periksa mata. (Foto: Gun Gun Gunawan/GosipGarut)

“Dalam acara ini berhasil dioperasi katarak sebanyak 63 orang, sementara yang hanya diperiksa mata mencapai 85 orang. Acara berlangsung sehari saja. Sementara hari besok (Sabtu, 27 April 2019), seluruh pasien operasi diwajibkan kontrol,” kata Rudani.

Baca Juga:   Nyatanya Wanita Berusia Muda Lebih Berisiko Terkena Kanker Serviks

Ia menambahkan, peserta (pasien) yang dioperasi datang dari sejumlah kecamatan di Kabupaten Garut dan Cianjur dari beragam strata sosial. Sebelumnya, mereka harus membawa syarat-syarat terlebih dahulu, seperti membawa kartu keluarga (KK), KTP, dan surat keterangan tidak mampu.

“Tapi dalam prakteknya orang yang mampu juga tetap kami layani. Untuk pasien dari Kabupaten Garut, mereka datang dari Kecamatan Talegong, Cisewu, Caringin, Bungbulang, Mekarmukti, dan Cikelet. Sementara dari Kabupaten Cianjur, datang dari Kecamatan Cidaun,” jelas Rudani. (Fj/Gun)

Komentar

Berita Terkait