oleh

Dikepung Barbershop, Kenapa Tukang Cukur Asgar Masih Bertahan?

GOSIPGARUT.ID — Di tengah gempuran tren barbershop, tukang cukur asli Garut atau Asgar masih berdiri tegak dan menjadi salah satu pilihan utama kaum Adam untuk merapikan penampilannya.

Salah satu sesepuh dari organisasi Persaudaraan Pangkas Rambut Garut (PPRG), Ali Rahman mengatakan, ada tiga hal yang menjadi kunci mengapa cukur Agar tetap bertahan sampai sekarang.

Pertama, kata dia, adalah mengenal karakter rambut. Ali mengatakan bahwa setiap orang memiliki jenis rambut yang berbeda-beda dan itu juga jadi alasan mengapa setiap barber harus mengetahui tipikal rambut konsumennya.

Baca Juga:   Cara Mudah Mengembalikan Pesan WhatsApp yang Terhapus, Ikuti Langkah Ini!

Meski semua karakter rambut dapat dipangkas dengan beragam model rambut, itu semua biasanya dibantu dengan pomade atau produk pelumas rambut lain.

Tapi pada akhirnya, rambut membutuhkan identitas asli dan barber harus paham apakah karakter rambut tertentu akan pantas dipangkas dengan model tertentu juga.

“Di jaman sekarang, keluar bermacam model gaya rambut. Di situ kita harus mengenal karakter rambut. Kalau tidak mengenali karakter rambut, hasil tidak akan memuaskan,” kata Ali.

Baca Juga:   AHY Percayakan Gaya Rambutnya kepada Tukang Cukur Asgar

Setelah itu, barber Asgar juga diminta untuk mengenal karakter bentuk kepala. Karena bukan hanya jenis rambut, manusia juga ditakdirkan memiliki bentuk kepala serta wajah yang berbeda.

Ketiga, lanjutnya, adalah mengenal karakter pemilik barber dan gaya khasnya.

Karena hal tersebut, Ali mengatakan pangkas rambut Asli Garut dapat bertahan bahkan sampai sekarang di tengah tren barbershop. (Swr/Yus)

Komentar

Berita Terkait