Jawa Barat

Harus Tender Ulang, Pembangunan Tol yang Lewati Garut-Tasikmalaya Ini Dipastikan Mundur

×

Harus Tender Ulang, Pembangunan Tol yang Lewati Garut-Tasikmalaya Ini Dipastikan Mundur

Sebarkan artikel ini
ILUSTRASI -- Pembangunan jalan tol.

GOSIPGARUT.ID — Pembangunan jalan tol ruas Gedebage-Garut-Tasikmalaya-Ciamis (Getaci) dipastikan mundur, karena harus dilakukan tender ulang. Demikian dikatakan Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin.

Menurutnya, proyek jalan tol yang disebut terpanjang di Indonesia ini, seyogyanya akan dibangun pada 2024, namun karena semua calon investor yang masuk dianggap tidak memenuhi syarat, sehingga langkah tersebut harus dilakukan.

“Saya sudah tanya ke Pak Dirjen, ada lelang ulang, karena kapasitasnya (investor) dianggap tidak memenuhi syarat. (Sehingga) tidak mungkin tahun ini pembangunannya,” kata Bey, Rabu (26/6/2024).

Baca Juga:   Nahdliyin Muda Usulkan Ridwan Kamil-Ono Surono di Pilgub Jabar 2024

Ia mengungkapkan, proses tender ulang proyek Tol Getaci ini, diperkirakan akan memakan waktu sekitar enam bulan dengan memakai skema kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Meski demikian, proses pembebasan lahan untuk proyek strategi nasional (PSN) ini masih akan terus berlanjut. Bey juga menerangkan Pemprov Jabar siap membantu apabila pemerintah pusat mengalami kendala dalam proses penentuan lokasi (Penlok), maupun yang lainnya, mengingat proyek ini akan berdampak sangat signifikan bagi kelancaran lalu lintas menuju Jabar Selatan.

Baca Juga:   Cegah Adanya Pungutan Liar dalam PPDB Jabar 2024, Pemprov Gandeng Saber Pungli

“Kami ingin secepatnya tol itu terwujud. Karena masyarakat Bandung-Garut terpengaruh jam, apalagi kalau bubaran pabrik bisa empat sampai lima jam perjalanan,” tutur dia.

Diketahui, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) memutuskan peserta lelang yakni konsorsium PT Trans Persada – PT Wiranusantara Bumi, dan konsorsium PT Dayamulia Turangga – PT China State Construction Overseas Development Shanghai tidak lolos kualifikasi. (Ant)

Baca Juga:   Penumpang Kereta Cepat "Whoosh" Naik 20 Persen pada Periode Libur Panjang Hari Raya Nyepi
Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *