oleh

LDKS SMKN 1 Garut Alami Peningkatan Tiap Tahun

GOSIPGARUT.ID — Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) untuk 1300 peserta OSIS SMKN 1 Garut resmi dibuka. Upacara pembukaannya dilaksanakan di lapang Garuda Hitam SMKN 1 Garut, Jalan Cimanuk Tarogongkidul, Kabupaten Garut, Jum’at (11/01/2019).

Kepala SMKN 1 Garut Dadang Johar Arifin yang membuka kegiatan tersebut. Ia menyampaikan, kegiatan ini adalah pelatihan dasar yang diberikan dengan tujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan kepada pengurus OSIS baru.

Nantinya, pengurus OSIS itu diharapkan siap menjadi pemimpin jika setelah keluar dari SMKN 1 Garut, baik di perguruan tinggi maupun di dunia bekerja.

Baca Juga:   Faktor Usia dan Ditimpa Bencana Alam, 543 Kelas SD di Garut Rusak

”Sebagai kegiatan untuk melatih sikap kepemimpinan, LDKS bagi siswa atau siswi, diharapkan mampu mencetak calon-calon pemimpin masa depan yang amanah, kuat, dan tangguh. Maka itu yang kami tanamkan,” kata Dadang.

Ia menjelaskan, ada ahli yang menyatakan bahwa nilai keteria keberhasilan manusia itu ada 100 unsur.

”Bukan ditekankan nilai pelajaran dan kepemimpinan yang bagus, melainkan yang ditanamkan pada anak itu adalah pertama integritas kejujuran, kedua pekerja keras, dan ketiga disiplin seperti yang dianut di negeri Jepang dan Korea,” kata dia.

Baca Juga:   Antara Kepala SMP Baitul Hikmah dengan Siswanya Sudah Berdamai

”Itulah tiga pokok yang kita coba ajarkan sehingga nantinya akan terbiasa, tertanam rasa nilai nilai kejujurannya. Kemudian patriotisme cinta terhadap tanah air, dan tolong menolong sesama teman, dan sebagainya,” sambung Dadang.

Ia mengakui, program LDKS tersebut peningkatannya sangat luar biasa. Dengan LDKS pihaknya bisa mengawasi anak didiknya yang mencapai 2500 orang, bisa tertib dan mentaati aturan aturan yang ada.

Baca Juga:   Banyak Penggemar di Sinetronnya, Maka Preman Pensiun Difilmkan

“Ini menjadi trend positif. Dari tahun ke tahun terus ada peningkatan. Yang tahun kemarin cuman 900 peserta, tahun sekarang bisa mencapai 1300 peserta. LDKS ini diikuti oleh kelas 10, 11 dan kelas 12 sebagai panitia,” ujar Dadang. (Yuyus YS)

Komentar