oleh

Animo Warga Garut pada Pilkades Tinggi, 45 Desa Miliki Lebih 5 Balon


GOSIPGARUT.ID — Selasa (8 Juni 2021), sebanyak 217 desa di Kabupaten Garut akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Animo warga untuk mengikuti Pilkades itu cukup tinggi, karena ada 45 desa di 24 kecamatan memiliki lebih dari lima bakal calon (balon) kepala desa (Kades) sehingga harus melalui seleksi tambahan.

Seleksi tersebut dilakukan secara serentak di 24 kecamatan pada Senin (10 Mei 2021) lalu. Seleksi digelar guna mendapatkan lima calon Kades yang akan bertarung pada Pilkades di Juni mendatang.

Berdasarkan data dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Garut, pada tahapan pendaftaran calon yang dilakukan pada tanggal 9 sampai 21 April 2021, balon kepala desa yang terdaftar pada 217 pantia pemilihan kelurahan dan desa (PPKD) tingkat desa di 40 kecamatan sebanyak 942 orang, dengan rincian 903 laki-laki, dan 39 perempuan.

Rata-rata tiap desa memiliki balon kades 6 sampai 8 orang. Bahkan di tiga desa ada yang memiliki balon kades sampai 9 orang.

Baca Juga:   Anton Charlyan: Elektabilitas Jokowi -- Ma'ruf akan Semakin Tinggi di Garut

Terkait Pilkades tahun ini, Bupati Rudy Gunawan, menyampaikan bahwa dirinya dan Wakil Bupati Helmi Budiman, akan berupaya menghindari desa-desa yang melaksanakan Pilkades, agar tidak timbul dugaan keberpihakan terhadap salah satu calon kepala desa.

“Saya minta Pak Sekda mengkoordinasikan daripada kepala-kepala SKPD, untuk membantu DPMD dalam tahapan Pilkades. Kalau saya dengan Pak Wakil Bupati harusnya tidak bisa kemana-mana, karena kami ya kami di politik, datang ke itu nanti (ada omongan) orang. Jadi saya menghindari dulu dengan Pak Wakil, untuk tidak melakukan (kunjungan) ke desa-desa yang (melaksanakar) Pilkades,” ujarnya.

Baca Juga:   Garut Nyatakan Siap Tekan Angka Penyebaran Covid-19 Klaster Keluarga

Menurut Rudy, berbeda tugas yang diemban Sekda dan para kepala SKPD, karena mereka ada di bawah Korpri yang memiliki tugas saat ini terutama dalam menyukseskan Pilkades “Kalau ini kan (Pak Sekda) orang Korpri, saya dukung langkah-langkah yang dilakukan DPMD,” tutur Rudy.

Ia juga memberikan apresiasi kepada para panitia Pilkades tahun 2021 ini, karena tahapan pencalonan kades berjalan dengan sukses.

“Kita tepuk tangan untuk panitia pemilihan kepala desa se Kabupaten Garut yang telah sukses, dan kita pun tepuk tangan kepada panitia tingkat kecamatan dan tingkat kabupaten, yang telah melaksanakan dengan sukses,” ucap Rudy.

Ia melanjutkan, saat pelaksanaan Pilkades 8 Juni nanti pihaknya akan membagi tugas dalam monitoring pesta demokrasi tingkat desa ini. Di antaranya Bupati Garut akan berada di Garut bagian utara, Wakil Bupati Garut akan berada di Garut bagian selatan, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Garut akan berada di Garut bagian tengah.

Baca Juga:   Parmusi Garut Tolak Rencana Pembangunan RS Bethesda di Jalan Sudirman

“Saya berharap ini nanti pengaturannya bagaimana, pada saat nanti pelaksanaan Pilkades, baru kita akan (melakukan pembagian). Jadi di utara adalah Bupati, di tengah adalah Pak Sekda, dan di selatan adalah Pak Wakil Bupati,” kata Rudy.

Ia menjelaskan, mulai tanggal 7 Juni Wakil Bupati sudah menginap di selatan, dirinya sudah menginap di utara. “Kalau dulu kan saya di selatan, Pak Wakil di utara. Sekarang dibalik Pak Wakil di selatan, saya di utara, Pak Sekda di tengah,” pungkas Rudy. (Yan AS)

Komentar

Berita Terkait