Kuliner

Kiat Memasak Jeroan untuk Kreasi Hidangan Idul Adha Ala Koki Devina Hermawan

×

Kiat Memasak Jeroan untuk Kreasi Hidangan Idul Adha Ala Koki Devina Hermawan

Sebarkan artikel ini
Devina Hermawan. (Foto: Istimewa)

GOSIPGARUT.ID — Dalam perayaan Idul Adha seringkali masyarakat mengolah daging untuk hidangan yang berkuah santan seperti tongseng, rendang, semur, malbi daging khas Palembang, atau sate.

Koki selebritas Devina Hermawan memberikan salah satu rekomendasi hidangan alternatif selain kuah santan yang juga bisa disajikan sebagai kreasi hidangan saat Idul Adha dari bahan jeroan.

“Kadang di Idul Adha suka dapat jeroan, itu jadi hidangan yang tidak terlalu sering dimasak di rumah tapi kalau ada bagi yang suka itu jadi spesial,” ujarnya, Sabtu (15/6/2024).

Baca Juga:   Warga Perum Puri Kulsum Limbangan Berkurban Dua Sapi dan Tiga Domba

Untuk hidangan menggunakan jeroan sapi, Devina merekomendasikan untuk mengkreasikannya menjadi sambal paru. Dalam membuat sambal paru, bagian paru harus dipersiapkan dengan baik agar tidak bau saat dimasak.

Prosesnya potong kecil-kecil paru mentah dan cuci serta bilas paru dengan air mengalir untuk mengurangi darahnya. Proses ini bisa diulang tiga hingga empat kali sampai air bilasan menjadi bening.

Baca Juga:   Pepes Ikan Mas Pedas Khas Sunda yang Raos Pisan, Mau Tahu Resepnya?

Setelah itu, marinasi paru dengan garam dan tepung tapioka untuk mengurangi bau paru. Marinasi paru selama 30 menit hingga satu jam.

“Garam untuk dia meresap ke paru, dan tapioka akan mengurangi bau paru,” katanya.

Setelah itu, cuci kembali paru yang telah termarinasi dengan garam dan tepung tapioka di air mengalir sampai tepung menghilang. Jika sudah bersih, potongan paru bisa direbus dengan potongan jahe sampai empuk, atau kira-kira 30-35 menit.

Baca Juga:   Di Jalur Bandung -- Garut Selatan Ada Warung Raos Rasa yang Buka 24 Jam

Jangan lupa untuk membuang air rebusan paru, proses ini juga bermanfaat untuk menghilangkan bau paru dan membuat paru semakin empuk. Setelah itu olah paru sapi untuk dijadikan sambal paru yang nikmat. (Ant)

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *