Nasional

Jalur Lintas Pansela Tawarkan Kebaruan dan Daya Tarik Tersendiri bagi Pemudik Lebaran 2022

×

Jalur Lintas Pansela Tawarkan Kebaruan dan Daya Tarik Tersendiri bagi Pemudik Lebaran 2022

Sebarkan artikel ini
Jalur lintas pantai selatan (Pansela) Pulau Jawa. (Foto: Istimewa)

GOSIPGARUT.ID — Jalur Lintas Pantai Selatan (Pansela) menawarkan kebaruan dan menyimpan daya tarik tersendiri bagi pemudik lebaran 2022. View menawan sepanjang jalan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan agar persiapan mudik lebaran 2022 lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Sebab, antusiasme pemudik diprediksi amat tinggi setelah dua lebaran terakhir ada larangan cuti bersama karena pandemi virus Corona.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono merespons dengan mempromosikan Pansela Jawa sebagai jalur alternatif para pemudik tahun ini. So, pemudik memiliki opsi selain mudik melalui Lintas Pantai Utara (Pantura) dan Lintas Tengah Pulau Jawa.

Baca Juga:   Capres Prabowo Subianto Minta Persis Jaga Netralitas

“Salah satu persiapannya adalah Lintas Pansela ini bisa menjadi alternatif bagi para pemudik, sehingga beban lalu lintas terbagi dan tidak menumpuk di Lintas Pantura dan Lintas Tengah Jawa,” kata Menteri Basuki.

Lintas Pansela yang dibangun sudah tembus dari Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten melalui Kebumen, Cilacap, Wonosari sampai ke Pacitan Provinsi Jawa Timur. Secara total sudah terhubung sepanjang 1.242 km.

Baca Juga:   Kereta Cepat Jakarta - Bandung Alami Kecelakaan, Tim Labfor dan Inafis Mabes Polri Lakukan Ini

“Jalan Pansela dibangun dengan biaya dari APBN, Asian Development Bank (ADB) dan Islamic Development Bank (IDB) ini dimulai sejak 6 tahun lalu, kita bangun secara bertahap. Nanti di tahun 2024 akan kita teruskan hingga tersambung sampai Banyuwangi, Jawa Timur,” ujar Basuki.

Dengan adanya tiga jalur mudik di Pulau Jawa, Menteri Basuki berharap beban terbagi pada saat mudik lebaran 2022.

Baca Juga:   Pollycarpus Mantan Terpidana Kasus Pembunuhan Munir, Meninggal Dunia

“Untuk itu saya ajak masyarakat memanfaatkan Jalan Pansela ini, jalan dengan pemandangan yang indah yang melewati banyak tempat lokasi wisata pantai. Pemandangannya indah dan instagrammable, bagi yang lewat jalur ini mudah-mudahan liburan Lebaran menjadi memorable dengan keluarga,” dia menambahkan.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *