oleh

Hebat, Uniga Raih Penghargaan Klaster Madya Bidang Penelitian

GOSIPGARUT.ID — Universitas Garut (Uniga) menjadi salah satu perguruan tinggi yang berhasil meningkatkan status klaster penelitiannya dari klaster binaan menjadi klaster madya pada tahun 2019. Oleh karena prestasi itu pula Uniga mendapat penghargaan dari pemerintah.

Piagam penghargaannya diserahkan langsung oleh Kepala LLDKTI Wilayah IV Jabar Banten Prof. Dr. Uman Suherman AS, M.Pd kepada Rektor Uniga Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.En dalam Upacara Kesadaran Nasional di HUT KORPRI, di Gedung Diklat LLDIKTI Wilayah IV Jalan Raya Jatinangor, Jumat (29/11/2019).

Menanggapi penghargaan tersebut, Rektor Uniga Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng menyampaikan rasa syukur karena Uniga menjadi salah satu perguruan tinggi yang mampu meningkatkan kluster penelitian dari kluster binaan menjadi kluster madya.

“Alhamdulillah, kita patut bersyukur atas raihan prestasi ini. Peringkat bidang penelitian kita sudah naik ke kluster madya, artinya kita harus bekerja lebih keras lagi supaya bisa meningkat ke kluster yang lebih tinggi lagi. Apresiasi dan terima kasih saya sampaikan kepada tim lembaga penelitian yang dipimpin Ibu Maryati dan Pak Husni serta dosen-dosen yang telah mampu bekerjasama melakukan penelitian,” ujarnya.

Baca Juga:   Uniga Kembali Mewisuda Lulusannya, Kini Sebanyak 734 Wisudawan

Rektor menambahkan, tugas pokok seorang dosen ada tiga, yaitu pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Tugas-tugas ini dikemas rapi dalam wadah Tridharma Perguruan Tinggi yang selama ini diembannya.

“Itu artinya, tugas seorang dosen selain mengajar pun membimbing mahasiswa. Dosen diwajibkan pula untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di sekitarnya. Penghargaan ini sebagai bentuk pengakuan dari pemerintah atas upaya Uniga dalam meningkatkan intensitas di bidang penelitian,” kata Syakur.

Baca Juga:   Pengalaman Luar Biasa Septi Saat Jadi Anggota Paskibraka di Kampusnya

Sementara itu Ketua Lembaga Penelitian Uniga Maryati Puspitasari, S.Pi., MP mengungkapkan penghargaan ini diperoleh berdasarkan hasil penilaian kinerja penelitian perguruan tinggi periode tahun 2016 – 2018, juga berdasarkan surat keputusan Dirjen Penguatan Risbang nomor B/5678/E1.2/H.M.00.03/2019 tanggal 13 November 2019 tentang klaster atau pengelompokkan perguruan tinggi berbasis penelitian periode tahun 2016 – 2018.

Baca Juga:   Wakil Bupati dan Kadisdik dalam Penguatan Kepala Sekolah Se-Garut

Bahwa kinerja Lembaga Penelitian Universitas Garut naik peringkat yang sebelumnya pada klaster binaan menjadi klaster madya. Beberapa penilaian dalam pengklasteran lembaga penelitian ini, di antaranya SD= sumber daya penelitian (30%), LP= luaran penelitian (50%), MP= manajemen penelitian (15%), RG= revenue generating (5%).

“Peringkat ini mempertegas Lembaga Penelitian Universitas Garut merupakan satu-satunya lembaga penelitian dengan klaster madya di Kabupaten Garut,” pungkas Maryati. ***

Komentar

Berita Terkait