Kesehatan

Batas Aman Makan Daging untuk Menghindari Tekanan Darah Tinggi, Berapa Banyak?

×

Batas Aman Makan Daging untuk Menghindari Tekanan Darah Tinggi, Berapa Banyak?

Sebarkan artikel ini
ILUSTRASI -- Makan daging.

GOSIPGARUT.ID — Guru Besar Pangan dan Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Ali Khomsan mengatakan saat merayakan hari raya Idul Adha disarankan makan daging dalam jumlah wajar atau sekitar 60-70 gram daging sekali makan untuk menghindari tekanan darah tinggi (hipertensi).

“Pada Hari Raya Idul Adha, sebanyak-banyaknya makan daging mungkin tetap saja ukurannya tiga porsi makan sehari, umumnya sekali makan kita mengonsumsi 60-70 gram daging,” kata Prof. Ali, Selasa (18/6/2024).

Ia meminta masyarakat untuk mengonsumsi daging dalam jumlah wajar karena pada Idul Adha, jumlah daging merah yang melimpah bisa membuat orang tergiur untuk mengonsumsinya. Batas aman diperlukan untuk mengantisipasi timbulnya risiko darah tinggi yang melonjak atau kolesterol yang terlalu tinggi saat hari raya.

Baca Juga:   Aduh, 5000 Kasus Penyakit Gangguan Pencernaan Terjadi di Jabar Usai Lebaran

Ali juga menyarankan untuk membatasi konsumsi daging yang berlemak untuk menghindari timbulnya kolesterol. “Daging yang berlemak jangan terlalu banyak dimakan karena kandungan lemak jenuh dan kolesterol yang umumnya lebih tinggi,” ujar dia.

Konsumsi daging dalam sehari saat Idul Adha, kata Ali, tidak lantas menyebabkan darah tinggi atau kolesterol tiba-tiba naik sehingga batasan aman konsumsi daging harus benar-benar dipatuhi. (Ant)

Baca Juga:   Klinik Sunat Circum by Mutiara Cikutra Luncurkan Cabang ke-5 di Garut
Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *