Politik

Bawaslu Garut Buka Rekrutmen Calon Anggota Panwascam untuk Pilkada 2024

×

Bawaslu Garut Buka Rekrutmen Calon Anggota Panwascam untuk Pilkada 2024

Sebarkan artikel ini
Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Humas Bawaslu Kabupaten Garut, Lamlam Masropah. (Foto: Dok. Pribadi)

Pendaftaran calon anggota Panwascam awalnya dibuka hingga hari selasa 6 Mei 2024. Namun, untuk menjaring lebih banyak peserta rekrutmen Bawaslu Kabupaten Garut memperpanjang waktu pendaftaran hingga Sabtu 11 Mei 2024, dan rencananya hasil kelulusan administrasi akan diumumkan pada tanggal 12 Mei 2024.

“Hari ini, tanggal 8 Mei adalah pengumuman masa perpanjangan pendaftaran.
Jika dalam satu kecamatan masuk kategori pendaftarnya kurang, akan kami umumkan hari ini. Untuk kemudian bisa dibuka perpanjangan pendaftaran dari tanggal 9 – 11 Mei 2024. Namun, jika seluruh kecamatan sudah memenuhi kuota, kami akan lanjut pada tahapan sesuai dengan timeline yang sudah ditentukan,” ucapnya.

Selain itu, Ia juga menjelaskan ada beberapa alasan lain dilakukannya perpanjangan pendaftaran bagi calon anggota Panwascam ini. Pertama jumlah pendaftar di kecamatan sudah memenuhi dua kali kebutuhan namun belum ada pendaftar perempuan.

Baca Juga:   Bawaslu Garut Buka Lowongan untuk 8.000 Pengawas TPS, Catat Waktu Pendaftarannya!

Kedua, jumlah pendaftar sudah terdapat pendaftar perempuan namun jumlah peserta kurang dari dua kali kebutuhan, dan ketiga jumlah pendaftar kurang dari dua kali kebutuhan atau keterwakilan perempuan belum mencapai minimal 30% dari 2 kali kebutuhan dalam satu kecamatan.

Dokumen pendaftaran dapat dikirim melalui pos kilat atau disampaikan secara langsung ke Sekretariat Kelompok Kerja Pembentukan Panwaslu Kecamatan Bawaslu Kabupaten Garut, Jalan Rancabango 11A, Desa Cimanganten, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut.

Baca Juga:   Bawaslu Garut akan Selidiki Dugaan Pelanggaran Caleg Golkar di Acara Mentan

Adapun tugas dan wewenang dari Panwascam, kata Lamlam, mulai dari mengawasi seluruh tahapan Pilkada dalam ruang lingkup kecamatan masing-masing, mengawasi penyerahan kotak suara tersegel dari PPK kepada KPU Kabupaten/Kota, menerima laporan dugaan pelanggaran, menyampaikan temuan dan laporan kepada PPK untuk ditindaklanjuti.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *