Jawa Barat

Wakil Presiden Beri Arahan para Kepala Daerah Termasuk Pj Bupati Garut, Soal Apa?

×

Wakil Presiden Beri Arahan para Kepala Daerah Termasuk Pj Bupati Garut, Soal Apa?

Sebarkan artikel ini
Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, Kyai Ma'ruf Amin membuka acara Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) 2024, yang dilaksanakan di Hotel Pullman Kota Bandung, Rabu (24/04/2024) kemarin.

“Hal ini menjadi penting untuk mengendalikan risiko bencana yang ada, sekaligus mengurangi timbulnya risiko bencana baru,” kata Wapres.

Ia juga menekankan pentingnya penguatan pelayanan kebencanaan, melalui penguatan kelembagaan BPBD baik dalam hal kewenangan, kompetensi sumber daya manusia, logistik, dan peralatan. Selain itu, Wapres pun berpesan agar dilakukan penerapan kebijakan dan upaya pemulihan pascabencana.

“Agar dipastikan adanya pembagian peran antara Pusat dan daerah secara proporsional, dalam rangka membangun ketangguhan dan kemandirian masyarakat dan mengurangi risiko bencana di masa yang akan datang,” ucpanya.

Baca Juga:   Prabowo-Gibran Menang Versi KPU, Ridwan Kamil Bubarkan TKD 02 Jawa Barat

Guna mewujudkan itu semua, Ma’ruf Amin berharap pemerintah daerah berkolaborasi dengan pemerintah pusat dalam skema pembiayaan untuk menanggulangi kebencanaan.

“Saya minta skema pembiayaan penanggulangan bencana dijalankan untuk mengatasi kesenjangan anggaran penanggulangan bencana di daerah. Salah satunya bisa dilakukan melalui pendayagunaan Dana Bersama Penanggulangan Bencana untuk daerah, yang disesuaikan dengan tingkat risikonya,” tandasnya. (Yan AS)

Baca Juga:   Untuk "Ngabret" Bangun Jabar, Ridwan Kamil Rotasi 24 Pejabat Pemprov
Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *