Tokoh

Atin Kartinah, Pengawas SMP di Garut, Inspirator di Balik Edukasi Lingkungan

×

Atin Kartinah, Pengawas SMP di Garut, Inspirator di Balik Edukasi Lingkungan

Sebarkan artikel ini
Atin Kartinah. (Foto: Febri Noptageri)

“Kan kita lingkungan sekarang makin kritis ya, kalau misalkan generasi kita tidak kita bangun kesadarannya, tidak membuang sampah sembarangan, tidak menggunakan plastik yang berlebihan, budayakan menanam. Itu mau kapan lagi?” tuturnya.

Di tahun 2011, Atin mengikuti pelatihan di Australia. Sepanjang pelatihan itu, ia menilai bahwa proses pembelajaran yang dilakukan di negara tersebut selalu mengintegrasikan isu-isu lingkungan. Dari situlah, dirinya merasa tersadar akan pentingnya isu lingkungan pada proses pembelajaran.

Dari proses itulah, Atin telah memenangkan berbagai penghargaan dan prestasi, menunjukkan dedikasinya terhadap isu lingkungan. Ia tidak hanya menjadi guru berprestasi, namun juga aktif dalam penelitian lingkungan, menjadikannya salah satu peneliti terbaik di Asia Tenggara, yang mendapatkan hibah penelitian dari SEAMEO RECFON di tahun 2021.

Baca Juga:   Si Warna Oranye Kolecer Sudah Hadir di Kabupaten Garut

‘”Kemarin ibu mendapatkan penghargaan juga dari Bapak Bupati Garut untuk pendampingan Sekolah Adiwiyata. Ibu juga penulis ya, menulis artikel-artikel dan juga buku. Kemudian ibu juga penulis modul di kementerian, ibu asesor Kemendikbudristek,” katanya.

Atin Kartinah adalah teladan bagi semua pihak yang peduli terhadap pendidikan dan lingkungan. Dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, adalah kunci untuk mewujudkan visi Atin dalam membentuk generasi yang peduli terhadap alam dan masyarakat sekitarnya.

Baca Juga:   Pemprov Jabar Perbaiki 2.400 Rutilahu di Garut, Ridwan Kamil: Aspirasi dari RT/RW

“Bukan hanya mentransfer ilmu tetapi membentuk karakter iya kan, karakter itu kan termaksud bagaimana kita ingin generasi kita memiliki karakter yang bagus terhadap alam lingkungan yang ada di sekitarnya,” ungkap Atin, usai mengikuti Tahap Visitasi Lapangan, di Kantor Dinas Pendidikan, Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jum’at (22/9/2023).

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *