Budaya

Bikin Bangga, Generasi Muda di Cigedug Garut Masih Lestarikan Seni Calung

×

Bikin Bangga, Generasi Muda di Cigedug Garut Masih Lestarikan Seni Calung

Sebarkan artikel ini
Generasi muda di Kecamatan Cigedug, Kabupaten Garut, masih melestarikan seni calung. (Foto: Istimewa)

Abah Enday menambahkan, mengingat seni tradisi tersebut dari waktu ke waktu semakin memudar, oleh karena itu seniman Garut yang tergabung dalam wadah PSCG sakadada sakaduga berusaha untuk selalu berperan aktif dalam mengembangkan seni sunda dengan kemampuan yang dimiliki.

Generasi muda di Kecamatan Cigedug, Kabupaten Garut, masih melestarikan seni calung. (Foto: Istimewa)

“Alhamdulillah, di Cigedug ada enam group calung dan semuanya aktif melakukan regenerasi kepada anak-anak usia sekolah. Abah terharu dan bangga dengan regenerasi calung di Kecamatan Cigedug,” tandasnya.

Sementara itu, sekretaris Kecamatan Cigedug Ma’mun Gunawan mengucapkan terima kasih atas kunjungan Abah Enday ke Cigedug. Semoga kunjungan ini memberikan spirit dan motivasi kepada para pelaku seni calung di Cigedug untuk terus berkarya, bertahan dari gempuran modernisasi dan meregenerasikan calung kepada anak muda.

Baca Juga:   Musrenbang Desa Sukahurip Cigedug, Usulan Pembangunan Infrastruktur Masih Mendominasi

Menurut Ma’mun, enam group seni calung Garut yang ada di Kecamatan Cigedug adalah Lugay Katineung dan Mekar Wangi Saluyu dari Desa Sukahurip, Lugaya Rasa Putera dan Lugaya Rasa Puteri dari Desa Sindangsari, serta Sinar Sawargi dan Gentra Sawargi dari Desa Barusuda.

Untuk duiketahui, pada masa lampau calung sering dimainkan secara tunggal, biasanya di tempat-tempat sepi oleh orang-orang yang sedang menunggu padi di sawah sambil menghalau burung-burung.

Baca Juga:   Kecamatan Cigedug Deklarasikan Sekolah Ramah Anak dan Antiperundungan

Bagi orang yang memainkannya, calung merupakan musik pelipur lara atau hati yang sedang bingung. Selain itu, calung adalah salah satu alat musik bambu yang oleh orang Sunda digunakan untuk mengiringi rasa ucapan syukur kepada yang kuasa dan juga sebagai penggugah semangat dalam pertempuran.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *