Wisata

Mekarkan Destinasi Wisata di Jalur Selatan, Hajatan “Cycling de Jabar” Dibesut

×

Mekarkan Destinasi Wisata di Jalur Selatan, Hajatan “Cycling de Jabar” Dibesut

Sebarkan artikel ini
Jalur pantai Jabar Selatan. (Foto: Istimewa)

GOSIPGARUT.ID — Tak ingin destinasi di Jabar bagian selatan sekadar jadi potensi, Pemprov Jabar menggelar kegiatan “Cycling de Jabar” pada 27-28 Agustus 2022. Rute itu bakal diikuti sekitar 100 pesepeda dengan jarak tempuh sekitar 367,5 kilometer.

Cakupan ratusan kilometer tersebut membentang dari kawasan Geopark Ciletuh, yakni Pantai Palangpang, Sukabumi hingga Pantai Pangandaran.

Jarak tempuh itu terbagi dalam dua etape. Palangpang-Rancabuaya, Kabupaten Garut dan Rancabuaya-Pangandaran bakal dihabiskan selama dua hari.

Baca Juga:   Kawasan Pendopo Garut Akan Dijadikan Tempat Wisata Kuliner Malam

Menurut Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Jawa Barat Ferry Sofwan Arif, pihaknya ingin melalui “Cycling de Jabar”, destinasi yang dimiliki seperti sport tourism di sepanjang jalur selatan bisa tergali.

“Jalur selatan itu merupakan keterwakilan potensi Jabar yang biasa disebut gurilap, gunung rimba laut dan pantai. Masyarakat luas bisa melihatnya, dan kita ada perhatian,” jelasnya pada giat Jabar Punya Informasi (Japri) di Museum Gedung Sate Bandung, Jumat (11/8/2022).

Baca Juga:   Wisata di Garut Tetap Buka Saat Libur Lebaran, Namun Pengunjung Dibatasi

Menurut Ferry, peserta kegiatan bersepeda itu memang dibatasi. Peserta di antaranya berasal dari komunitas. Mereka membuka pendaftaran secara daring di situs cyclingdejabar.com.

Lebih dari itu, pihaknya berharap kegiatan selepas puncak pandemi tersebut bisa ikut berkontribusi pada pemulihan ekonomi yang terdampak Covid-19 di sektor pariwisata yang melibatkan masyarakat.

“Seperti homestay, itu sudah dipastikan ramai seperti di kawasan Palangpang, yang menjadi tempat start kegiatan,” katanya.

Baca Juga:   Jabar Siapkan 15.000 Rapid Test Antigen untuk Destinasi Wisata

Kadispora Jabar, Asep Sukmana menambahkan bahwa potensi sport tourism yang dilewati “Cycling de Jabar” tersebar di 6 kabupaten dan kota. Tak hanya sepeda, kegiatan lainnya pun bisa dilakukan.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *