Berita

Karena Rusak, Jembatan Copong yang Hubungkan Jalan Garut-Tasikmalaya Ditutup

×

Karena Rusak, Jembatan Copong yang Hubungkan Jalan Garut-Tasikmalaya Ditutup

Sebarkan artikel ini
Jembatan Copong di Garut kondisinya rusak (retak), sejak Sabutu (16/7/2022) terpaksa ditutup, tidak bisa dilewati kendaraan besar. (Foto: Istimewa)

GOSIPGARUT.ID — Karena kondisi bangunannya rusak (retak) akibat tergerus arus banjir luapan Sungai Cimanuk, Jembatan Copong di jalan utama Garut-Tasikmalaya, Jalan Sudirman, Kabupaten Garut, ditutup sementara mulai Sabtu (16/7/2022).

“Memang kondisi jembatan Copong ini ada keretakan di beberapa bagian akibat banjir yang menerjang kemarin malam,” kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Garut AKP Undang Syarif Hidayat Sabtu (16/7/2022).

Ia menuturkan, bencana banjir yang melanda Garut menyebabkan sejumlah ruas jalan tergenang, sehingga mengganggu arus lalu lintas kendaraan.

Baca Juga:   Garut Yakin Penghargaan Swasti Saba Wistara Bisa Diraih

Selain itu, lanjut Undang, kondisi Jembatan Copong juga diketahui rusak dengan terlihat retakan di badan jalan yang dinilai berbahaya jika dilewati kendaraan besar seperti truk dan bus.

“Untuk bus, truk, tronton, dan kendaraan besar lainnya kita arahkan ke jalan lain,” katanya.

Undang menyampaikan, selama penutupan dan larangan dilintasi kendaraan besar, maka jajarannya melakukan pengalihan arus ke Jalan Pembangunan agar lalu lintas kendaraan dari arah Tasikmalaya menuju Garut maupun sebaliknya tetap normal.

Baca Juga:   Kemensos Tetapkan Desa Paas Sebagai Kampung Siaga Bencana, Pj Bupati Garut: Program Ini Sangat Tepat

Sedangkan kendaraan kecil seperti minibus maupun sepeda motor, kata dia, masih bisa melintasi jembatan tersebut dengan tetap selalu hati-hati, terutama saat hujan.

Undang menyampaikan, kondisi jembatan tersebut sudah dilaporkan ke tim ahli dinas terkait Provinsi Jawa Barat. Hasil pemeriksaan sementara bahwa keretakan itu karena adanya pergeseran di bagian bawah jembatan.

Baca Juga:   Pemkab Garut Olah Plastik Keresek Sebagai Bahan Campuran Aspal Hotmiks

“Nanti dari dinas terkait akan melaporkan hasil kajiannya seperti apa, kemudian apakah diputuskan aman atau tidak dengan kondisi saat ini,” katanya.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *