Berita

Animo Warga Garut pada Pilkades Tinggi, 45 Desa Miliki Lebih 5 Balon

×

Animo Warga Garut pada Pilkades Tinggi, 45 Desa Miliki Lebih 5 Balon

Sebarkan artikel ini
ILUSTRASI -- Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).

GOSIPGARUT.ID — Selasa (8 Juni 2021), sebanyak 217 desa di Kabupaten Garut akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Animo warga untuk mengikuti Pilkades itu cukup tinggi, karena ada 45 desa di 24 kecamatan memiliki lebih dari lima bakal calon (balon) kepala desa (Kades) sehingga harus melalui seleksi tambahan.

Seleksi tersebut dilakukan secara serentak di 24 kecamatan pada Senin (10 Mei 2021) lalu. Seleksi digelar guna mendapatkan lima calon Kades yang akan bertarung pada Pilkades di Juni mendatang.

Baca Juga:   Bertambah Lagi 276, Positif Covid-19 di Garut Tembus 14.445 Kasus

Berdasarkan data dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Garut, pada tahapan pendaftaran calon yang dilakukan pada tanggal 9 sampai 21 April 2021, balon kepala desa yang terdaftar pada 217 pantia pemilihan kelurahan dan desa (PPKD) tingkat desa di 40 kecamatan sebanyak 942 orang, dengan rincian 903 laki-laki, dan 39 perempuan.

Baca Juga:   Peduli Warga Miskin, di HJG ke-210 Bakal Ada Pemberian 1000 Kastrol Nasi Liwet

Rata-rata tiap desa memiliki balon kades 6 sampai 8 orang. Bahkan di tiga desa ada yang memiliki balon kades sampai 9 orang.

Terkait Pilkades tahun ini, Bupati Rudy Gunawan, menyampaikan bahwa dirinya dan Wakil Bupati Helmi Budiman, akan berupaya menghindari desa-desa yang melaksanakan Pilkades, agar tidak timbul dugaan keberpihakan terhadap salah satu calon kepala desa.

Baca Juga:   Pensiunan TNI di Garut Ditemukan Tewas Gantung Diri di Rumahnya

“Saya minta Pak Sekda mengkoordinasikan daripada kepala-kepala SKPD, untuk membantu DPMD dalam tahapan Pilkades. Kalau saya dengan Pak Wakil Bupati harusnya tidak bisa kemana-mana, karena kami ya kami di politik, datang ke itu nanti (ada omongan) orang. Jadi saya menghindari dulu dengan Pak Wakil, untuk tidak melakukan (kunjungan) ke desa-desa yang (melaksanakar) Pilkades,” ujarnya.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *