Peristiwa

Empat Desa di Banjarwangi Diterjang Bencana Longsor, Akses Jalan Tertutup

×

Empat Desa di Banjarwangi Diterjang Bencana Longsor, Akses Jalan Tertutup

Sebarkan artikel ini
Bencana tanah longsor yang terjadi di Kabupaten Garut bagian selatan. (Foto: Istimewa)

GOSIPGARUT.ID — Bencana longsor menerjang empat desa yang berada di Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut. Meski tidak ada korban jiwa, bencana tersebut sempat menutup akses jalan penghubung antar desa.

Empat desa yang terdampak tanah longsor yakni Desa Talagasari, Bojong, Tanjung Jaya serta Desa Kadongdong.Tanah longsor sendiri terjadi secara beruntun sejak Kamis (9/1/2020) siang hingga malam.

Baca Juga:   PDI Perjuangan Garut Terus Perangi Corona, Pasar Ciawitali pun Disemprot Disinfektan

“Ada beberapa titik di empat desa yang terdampak tanah longsor,” ujar Kapolsek Banjarwangi Iptu Masrokhan saat dikonfirmasi wartawan Jumat (10/1/2020) malam.

Ia menjelaskan, longsor itu tidak menyebabkan korban jiwa. Namun beberapa rumah warga terancam.Lokasi longsoran di empat desa tersebut bermacam-macam. Longsor terjadi di tengah-tengah pemukiman warga hingga tebing.

“Hasil pendataan sementara, ada 10 rumah yang terdampak,” ujar Masrokhan.

Baca Juga:   Pergerakan Tanah Kembali Terjadi di Singajaya, Sejumlah Rumah Rusak Berat

Selain membuat 10 rumah warga terancam, longsor juga sempat menutup sebuah jalan penghubung desa. “Saat ini jalan sudah bisa dilalui,” katanya.

Masrokhan menjelaskan, pasca longsor, pihaknya bersama TNI, BPBD, pihak kecamatan dan masyarakat langsung melakukan evakuasi material longsor. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pemerintah untuk mengevakuasi warga yang rumahnya terancam longsor susulan.

Baca Juga:   Jarang Berkurban, Warga Kampung Terpencil di Banjarwangi Dapat Bantuan Domba dari Polsek Setempat

“Kami mengimbau masyarakat untuk tidak mendekati tebing dan lokasi yang rawan longsor untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” kata dia. (dtc)

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *