Kuliner

Lima Sambal Khas Jawa Barat Ini Paling Cocok Disantap dengan Lalapan

×

Lima Sambal Khas Jawa Barat Ini Paling Cocok Disantap dengan Lalapan

Sebarkan artikel ini
Sambal cibiuk. (Foto: Istimewa)

Agar makin pedas, beberapa orang juga mencampurkan potongan cabai rawit. Mantap!

3. Sambal dadak

Sambal dadak alias sambal yang baru dibuat saat ingin dimakan ini memang tak ada duanya. Sambal dadak tidak menggunakan bawang sama sekali. Bahan utama untuk membuat sambal ini adalah cabai merah keriting, cabai rawit, tomat, terasi, gula merah dan garam.

Agar lebih segar, sambal dadak juga enak diberi kucuran air jeruk limau. Langsung santap dengan nasi putih, lauk dan lalapan. Hati-hati nambah!

Baca Juga:   Rumah Makan Masakan Padang di Cisewu Pindah Lokasi, Sekarang Tempatnya Lebih Luas

4. Sambal kencur

Banyak masakan khas Jawa Barat yang ditambahkan dengan kencur. Rasanya yang khas membuat sajian semakin segar dan nikmat. Terdapat beberapa versi sambal kencur, banyak yang menyajikan sambal kencur sebagai bumbu pencok ikan atau ditumis bersama tempe.

Dibuat dari cabai, kencur, gula, dan garam. Beberapa versi sambal kencur ditambahkan kemiri, kemangi, dan tomat untuk rasa lebih segar. Aroma kencur yang pedas harum menjadi ciri khas sambal ini. Karena tambahan kencur yang baik untuk tenggorokan dan lambung, pedasnya sambal ini tak bikin sakit perut.

Baca Juga:   Bolagar, Produk Kuliner Baru dan Oleh-oleh Khas Garut

5. Sambal terasi

Di Jawa Barat ada dua jenis sambal terasi yaitu sambal mentah dan matang. Untuk sambal terasi mentah menggunakan bahan mentah seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, cabai rawit merah, gula, terasi dan garam.

Sedangkan untuk versi yang matang perlu dimasak terlebih dahulu. Sebelum disuguhkan keduanya bisa ditambah dengan kucuran air jeruk limau agar rasanya lebih segar. ***

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *